Details

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka, pulau yang terkenal dengan konservasi Penyu Sisiknya, menawarkan liburan tropis yang “lengkap” untuk Anda. Ya, Pulau Pramuka memiliki banyak hal di luas area yang hanya 16 hektar. Mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan, seperti pantai berpasir putih dan laut biru yang indah; berbagai wisata ramah lingkungan, seperti tempat konservasi Penyu Sisik dan Mangrove; bahkan terdapat Kantor Administrasi Kabupaten juga di sana. Pulau Pramuka memang merupakan satu dari hanya sebelas pulau berpenghuni dan berperan sebagai pusat administrasi dari Kepulauan Seribu. Karena statusnya tersebut, Anda dapat menemukan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap di sini, seperti puskesmas, tempat pelelangan ikan, masjid, dan juga satu-satunya Sekolah Menengah Atas di Kepulauan Seribu.
 
Pulau-Pramuka-04.png Pulau-Pramuka-03.png Pulau-Pramuka-01.png

Jika Anda berencana untuk menginap satu malam atau lebih di pulau ini, Pramuka menawarkan banyak tempat yang terjangkau dan nyaman untuk menginap. Anda juga dapat memilih untuk berkemah di dekat pantai, di mana Anda dapat menikmati langit biru yang cerah dan langit malam berbintang yang indah. Terdapat juga beberapa restoran yang menawarkan makanan laut lokal yang segar. Untuk hiburan lainnya, Anda tentu harus mencoba aktivitas olahraga air dan juga berfoto dengan pemandangan bawah laut yang indah.
 
Pulau-Pramuka-05.png Pulau-Pramuka-07.png

Berbicara tentang tempat konservasi Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), mereka utamanya membantu membesarkan penyu-penyu muda dari telur hingga pelepasannya ke alam liar. Di sana, Anda bisa belajar banyak tentang Penyu Sisik itu sendiri, memotret penyu-penyu yang menggemaskan dan juga melepaskan mereka ke laut.
 
Penyu-3.png Penyu-1.png Penyu-2.png

Tidak diragukan lagi, Pulau Pramuka memang menawarkan pengalaman liburan "lengkap" yang menyenangkan sekaligus bermakna untuk Anda. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, nikmati pesona Pramuka!
 

REKOMENDASI KEGIATAN
- Konservasi Penyu Sisik
- Konservasi Mangrove
- Olahraga air (snorkeling, diving, banana boat, kano, atau jet ski)

FASILITAS
- Masjid
- Homestay
- Cottage
- Restoran
- Penyewaan perahu
- Pusat kesehatan
- Toko penyewaan peralatan olahraga air
 
CARA MENUJU KE LOKASI
Anda dapat menuju Pulau Pramuka dengan kapal umum, baik dari Marina Ancol maupun pelabuhan Muara Angke. Namun, lebih disarankan untuk berangkat dari Marina Ancol karena mereka memiliki kapal dengan kursi yang lebih nyaman serta standar keselamatan yang lebih baik.
 
Dari Marina Ancol Dermaga 16
- Kapal berangkat pukul 08.00 dan jadwal kembali pukul 14.00 setiap hari
- Waktu tempuh: 1,5 jam
- Harga tiket: Mulai dari IDR 160.000 (sekali jalan)
- Informasi pemesanan: 081298050713 (WhatsApp)
 
Dari pelabuhan Muara Angke
- Kapal berangkat pukul 07.00 dan jadwal kembali pukul 13.00 setiap hari
- Waktu tempuh: 2,5 jam
- Harga tiket: Mulai dari Rp28.000 (sekali jalan)