Museum Maritim Indonesia

jojo 10 December 2018

Museum Maritim Indonesia

Ada museum baru yang hadir di Jakarta, namanya Museum Maritim Indonesia. Museum yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Periok dan baru diresmikan pada hari Jumat tanggal Desember 2018. Museum ini menyajikan informasi yang cukup lengkap mengenai sejarah maritim Indonesia.
 
Museum Maritim Indonesia mempunyai dua ruang pameran tetap di sayap kiri dan kanan bangunan. Masing-masing ruangan menggambarkan dua zaman yang berbeda, sebelum dan sesudah kemerdekaan.
 
Untuk ruang pameran pada bagian kanan gedung menceritakan sejarah maritim Indonesia pada zaman sebelum Indonesia merdeka, mulai dari zaman kerajaan hingga masa kolonial belanda. Banyak koleksi miniatur kapal yang mewakili masing-masing zaman dan dinding-dinding museum juga dihiasi lukisan dan infografis yang menjelaskan perkembangan dunia maritim.
 
Pada bagian kiri gedung menceritakan sejarah maritim sesudah kemerdekaan. Ruangan ini mengangkat sejarah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) dan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo.
 
Ada yang menarik dimuseum ini, dimana terdapat alat untuk simulasi kapal. Pengunjung dapat mengendarai kapal laut seperti layaknya seorang nahkoda sungguhan. Museum ini buka pada hari Selasa - Minggu pukul 09.00 dan gratis selama telah melakukan registrasi.
 
Saat ini pembukaan museum tersebut masih bersifat soft-launching dan untuk Grand Launching Museum Maritim Indonesia akan  dilakukan dalam waktu dekat.
 
sumber : https://megapolitan.kompas.com

Name Name Name Name  

Museum Maritim Indonesia

Pelindo II Pelabuhan Tanjung Periok

Ulasan

Belum ada ulasan
Tambah Perjalanan Beri Ulasan
JAM OPERASIONAL
Ja 09.00