Details

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Berkunjung ke Jakarta tak lengkap rasanya apabila tidak meluangkan waktu untuk berwisata ke Pulau Tidung. Pulau Tidung merupakan sebuah pulau besar yang juga bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pulau Tidung terdiri dari dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni yang memiliki luas 3,8 km x 300m. Sedangkan Pulau Tidung Kecil justru tak berpenghuni dan dikhususkan menjadi budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove.

Hutan bakau di pulau tersebut berfungsi untuk mencegah abrasi dan upaya pelestarian alam. Pada saat-saat tertentu wisatawan dapat berpartisipasi untuk membantu penanaman pohon di Pulau Tidung Kecil.

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil terhubung oleh jembatan kayu sepanjang 630 meter. Saat menyusurinya,wisatawan akan dimanjakan dengan panorama indah ekosistem laut yang dapat terlihat dari bagian atas dikarenakan jernihnya air di pulau tersebut.

Aktivitas snorkeling menjadi aktivitas wajib yang harus dilakukan apabila kamu berkunjung ke sana !

Hal Menarik Yang Dapat Ditemukan di Pulau Tidung

1. Jembatan Cinta
Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh Jembatan Cinta yang terbuat dari kayu dengan panjang sekitar 800 meter. Saat sunset tiba, jembatan ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto karena pemandangannya yang  menawan dan romantis. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut yang mempesona dan dapat dilihat dari atas Jembatan Cinta


2. Fasilitas rekreasi
Pasir putih halus, jernihnya air dan pemandangan alam yang begitu mempesona menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Tidung. Kegiatan seperti bersepeda mengelilingi pulau, aktivitas olahraga air seperti snorkeling, banana boat menjadi agenda wajib yang harus dilakukan sesampainya di sana.

3. Penanaman Mangrove di Pulau Tidung Kecil
Pada saat-saat tertentu, wisatawan dapat melakukan aktivitas penananaman Mangrove di Pulau Tidung Kecil yang berfungsi untuk mencegah abrasi di pulau tersebut.

Cara Menjangkau Lokasi

Transportasi dapat ditempuh melalui.
1. Dermaga Kali Adem, Muara Angke
- Menggunakan kapal tradisional (Estimasi tarif: Rp50.000,00)
Memakan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan untuk sampai ke Pulau Tidung
Waktu operasional: 1 hari 1 kapal (1 rute/tujuan) Senin-Jum'at, pukul 08.00 WIB

- Menggunakan Kapal Express Bahari (Estimasi tarif: Rp85.000,00)
Memakan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pulau Tidung
Hari operasional: Rabu, Jum'at, Sabtu, Minggu

2. Dermana Marina, Ancol (Estimasi tarif: Rp100.000,00-Rp300.000,00)
- Menggunakan Kapal Cepat/Speed Boat
Waktu operasional: setiap hari, pukul 07.00-16.00 WIB

Video Pulau Tidung:
https://www.instagram.com/p/BDR5rbVLFK0/?utm_source=ig_web_copy_link

Sumber video: Instagram Resmi Sudin Parekraf Kepulauan Seribu @SeribuIslandsOfficial





Photos