Details

Pulau Harapan

Pulau Harapan

Zaman dahulu, nama Pulau Harapan konon berasal dari penduduk yang melarikan diri dari penjajahan. Saat itu Pulau Harapan masih semak belukar. Penduduk yang tinggal di sana berharap dapat memulai hidup baru dari pulau yang letaknya cukup jauh dari pusat kota.

Kini Pulau Harapan mengalami banyak perkembangan. Selain merupakan pulau penduduk, Pulau Harapan juga dijadikan sebagai destinasi wisata.

Pulau Harapan terletak di bagian Utara dan berjarak 60 km dari daratan Jakarta. Dikelilingi beberapa pulau resort, pulau ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Dermaga Marina, Ancol menggunakan speed boat dan 2 hingga 4 jam menggunakan kapal.

Surga bawah laut menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Selain itu, pulau ini sangat menarik untuk dijadikan spot foto dan menikmati pemandangan sunset. Jadi rencanakan perjalananmu sekarang!

Hal Menarik Yang Dapat Ditemukan di Pulau Harapan

1.Penginapan yang bervariasi, berkelas ataupun Homestay
Penginapan di Pulau Harapan dapat dipilih wisatawan dengan menyesuaikan budget. Pulau Harapan tergolong pulau penduduk, sehingga tak jarang masyarakat mengelola penginapan homestay dengan budget yang minim. Selain itu fasilitas penginapan berkelas juga tersedia di Pulau Harapan.

2.Spot Snorkeling dan Diving
Pulau Harapan memiliki surga bawah laut dan air yang jernih. Sangat direkomendasikan untuk dijelajahi. Pulai ini juga tergolong pulau konservasi, sehingga biota laut di Pulau Harapan amat terjaga.

3. Berkeliling Pulau Menggunakan Kapal Tradisional
Berkeliling pulau menggunakan kapal tradisional menjadi hal wajib yang tidak dapat dilewatkan. Pulau andalan yang dapat dikunjungi antara lain Pulau Besar, Pulau Perak dan Pulau Bulat. Selain itu Pulau Harapan juga memiliki potensi lain yang dikembangkan secara berkelanjutan yakni budidaya ikan laut dan pelestarian hutan mangrove.

Cara Menjangkau Lokasi

Transportasi dapat ditempuh melalui,
1. Dermaga Marina, Ancol (estimasi tarif Rp100.000,00 – Rp300.000,00)
    Perjalanan dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Bidadari kira-kira memakan waktu 1,5 jam
    menggunakan speed boat.
    Jadwal operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 16.00 WIB.

2.Pelabuhan Kali Adem (estimasi tarif Rp54.000.000,00)
   Perjalanan menggunakan kapal tradisional memakan waktu sekitar 2 hingga 4 jam.
 
3. Muara Angke
    Perjalanan dari Muara Angke menuju Pulau Harapan menggunakan kapal tradisional
    memakan waktu sekitar 2 hingga 4 jam.
    Jadwal operasional: Senin-Jum’at, pukul 08.00 WIB.




(sumber gambar: https://pulau-harapan.com)

 

Photos