Details

Skyscraper (Thamrin)

Titik awal      : Kementrian Pariwisata
Titik akhir     : Terowongan Kendal

Durasi   : 3 jam
Jarak     : 2.9 km



Tempat menarik:

1. Patung Arjuna Wijaya
Sebuah kisah klasik Mahabarata dimana Arjuna sedang menggenggam busur panah bersama Batara Kresna di atas kereta perang berkepala Garuda yang ditarik oleh delapan ekor kuda sebagai lambang Asta Brata, sebuah filsafat kepemimpinan. Patung ini dibuat oleh pematung ternama yaitu I Gede Nyoman Nuarta yang juga membuat patung yang ada di depan Museum Nasional, serta Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

2. Patung MH Thamrin
Muhammad Husni Thamrin adalah seorang politisi dan pahlawan Betawi yang memperjuangkan hak hidup rakyat Batavia pada masa penjajahan Belanda melalui Volksraad (Dewan Rakyat) serta dikenal pula sebagai tokoh penting dalam sepak bola Hinda Belanda.

3. Bank Indonesia
Dikenal sebagai De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang yang kemudian dinasionalisasikan menjadi Bank Indonesia (1950) bertugas sebagai bank sentral.

4. Restoran Kopi Oey
Restoran dengan aneka menu peranakan yang digagas oleh praktisi kuliner ternama Indonesia yaitu Bondan Winarno. Restoran ini juga pernah disinggahi oleh Han Solo (Harisson Ford) ketika berkunjung ke Indonesia. Dengan bergaya tempo dulu, membawa kita kembali ke masa lalu

5. Toko Roti Sakura Anpan
Sebuah toko roti klasik di jalan Sabang yang terkenal akan Black Forest-nya dan  selalu di datangi oleh pelanggan setia walaupun sudah memasuki generasi kedua dari keluarga yang memulai toko roti ini.

6. Toko Musik Duta Suara
Toko musik yang berdiri sejak 1970 dan mencapai kesuksesan besar pada era 80-90an. Walau bersaing keras dengan musik digital, Duta Suara masih menunjukan eksistensinya dengan selalu up to date pada perkembangan dunia musik


7. Pusat Perbelanjaan Sarinah
Ketika Presiden Pertama Indonesia sangat menghargai pengasuhnya, maka disematkanlah nama Ibu Sarinah di pusat perbelanjaan pertama di Jakarta yang dibangun pada 1961 untuk menyambut Asian Games ke-4

8. Gedung Wisma Nusantara
Gedung Pencakar langit pertama di Jakarta dengan ketinggian 100m dan menjadi prototipe gedung tahan gempa generasi kedua bagi pencakar langit di Jepang.

9. Patung Selamat Datang
Sepasang patung yang terletak di Bundaran Hotel Indonesia dengan tinggi 17m menjadi sarana menyambut atlit-atlit yang datang dari arah Bandara Kemayoran dalam rangka Asian Games ke-4 di Indonesia.

10. Hotel Indonesia
Hotel yang dibangun untuk tempat menginap para atlit dari negara anggota Asian Games ke-4 yang diselenggarakan di Jakarta serta menjadi ikon hotel bagi Kota Jakarta

11. Terowongan Kendal
Terowongan yang menarik untuk dikunjungi, karena sebelumnya ini merupakan jalan umum yang dilalui mobil. Namun karena letaknya sangat strategis, dekat dengan jalur KRL, MRT serta Kereta Bandara membuat lokasi ini cocok untuk para pejalan kaki yang beraktifitas sehari menggunakan angkutan umum dan ingin menikmati area yang artsy.

skyscraper-min.jpg