Starts in:
Event Info:
  • 01-01-1970
  • 01-01-1970
  • |
Buy Tickets

Details

Kuil Shiva Mandhir merupakan kuil Hindu Tamil terbesar di Jakarta. Selain itu, kuil ini juga dikenal dengan koleksi patung-patung Dewa Hindu yang lengkap. Kuil Shiva Mandhir dibangun sebagai tempat peribadahan kecil pada tahun 1954 oleh kelompok Sindhi, yang merupakan mayoritas pemeluk Hindu di Jakarta. Bangunan tersebut direnovasi dan diperluas menjadi seperti bangunan kuil yang seperti sekarang ini pada tahun 1975. Hal tersebut bertujuan untuk menampung para pengunjung kuil yang semakin banyak.

  

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi Kuil Shiva Mandhir adalah Anda harus berpakaian sopan dan juga melakukan reservasi sebelum kedatangan. Setelah itu, ketika Anda tiba di kuil, Anda langsung dapat melihat pagoda yang sangat menarik perhatian, dengan struktur yang tinggi dan berwarna oranye. Desain pagoda tersebut menyerupai arsitektur kuil-kuil yang ada di India. Sebelum Anda masuk ke gedung utama, Anda harus melepas sepatu dan mencuci tangan terlebih dahulu. Begitu Anda masuk, Anda bisa melihat betapa luasnya kuil ini. Hal tersebut bertujuan untuk menampung banyaknya pengunjung kuil. Selain itu, Anda kemungkinan besar akan bertemu banyak pengunjung kuil dari berbagai latar belakang budaya, seperti India, Malaysia, Singapura, dll.
 
  

Cara menuju ke sana:
Lokasi kuil berada di sebelah Klenteng Satya Dharma. Anda bisa mengaksesnya dengan transportasi umum seperti Transjakarta atau Commuter Line. Halte Transjakarta terdekat adalah Penjaringan serta Pluit Karang Indah dan setelah sampai di pemberhentian bus, Anda perlu waktu kurang lebih 12 menit dengan berjalan kaki sebelum sampai di kuil. Namun, jika Anda memilih menggunakan Commuter Line, Anda bisa berhenti di stasiun Angke, Jakarta Kota atau Duri, tetapi Anda harus menempuh 40-50 menit lagi untuk berjalan sebelum tiba di kuil atau Anda bisa memilih transportasi online untuk membantu Anda sampai ke tujuan.

   

Informasi Lebih Lanjut:
Alamat: Jl. Pluit Barat Raya 46, Penjaringan - Pluit, Jakarta, Indonesia, 14450
Telepon: +62 21 6616617 or +62 21 314 2067 (Tourist Information)
Jam buka: Senin - Minggu pukul 07.00 WIB – 20.45 WIB