Starts in:
Event Info:
  • 01-01-1970
  • 01-01-1970
  • |
Buy Tickets

Details

De Groote Rivier Batavia, yang kini dikenal sebagai Kali Besar yang masuk ke dalam Wilayah Administratif Kota Jakarta Barat. Dahulu, Kali Besar dijadikan tempat jalur perahu-perahu yang membawa rempah-rempah menuju Pelabuhan Sunda kelapa. Kali Besar dahulu dianggap sebagai kawasan elite karena menjadi tempat pemukiman orang kaya dan bangsawan. Di daerah tersebut berjejer bangunan-bangunan lama yang terdiri dari kantor, toko, dan gudang yang kemudian jika diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda disebut Groote Rivier.

   

Sejak dibuka pada Jumat 6 Juli 2018, Kawasan ini tampak semakin menawan. Tak peduli panas terik matahari yang  menghalangi, para wisatawan yang datang tetap asyik untuk menyusuri Kawasan Kali Besar. Setelah direnovasi, Kawasan ini mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Beberapa spot menarik yang berada di Kali Besar yaitu, Taman Apung, Jembatan, Patung unik, dan beberapa bangku di pinggir kali bisa menjadi spot menarik untuk berfoto-foto dan diunggah di sosial media. 
Kemudian, spot-spot menarik lainnya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan ketika sedang berada di Kali Besar seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah.

   

Harga: Jika kamu berkunjung ke Kali Besar Kota Tua, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis!

Fasilitas: Fasilitas parkir parkir kendaraan yang didukung dengan aplikasi parkir juga sudah tersedia. Demi menjaga lingkungan agar tetap bersih, disediakan pula tempat sampah yang diletakkan di sela tempat duduk. Dengan tiga tong sampah sekaligus, warna merah untuk sampah B3, warna oranye untuk sampah anorganik, dan warna hijau untuk sampah organik.

Jam Buka: Kali Besar Kota Tua dibuka untuk publik selama 24 jam. Namun, karena situasi pandemi yang masih menyelimuti, Kawasan Kali Besar dibatasi hanya sampai pukul 19.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Cara Menuju Lokasi: Untuk bisa menuju ke tempat ini secara gratis, pengunjung dapat menggunakan Bus tingkat yang dikenal dengan city tour untuk menuju ke Kali Besar. Bus ini beroperasi Senin-Sabtu mulai pukul 10.00-18.00 WIB, dan Minggu pada pukul 12.00-19.00 WIB. Dengan rute History Of Jakarta, pengunjung dapat berangkat dari Kawasan Jakarta Pusat untuk naik dari halte Juanda/Masjid Istiqlal, kemudian mengarah ke Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, hingga akhirnya tiba di Museum BI yang berada di dalam Kawasan  Kota  Tua.
Dari Museum Bank Indonesia, kamu tinggal berjalan beberapa ratus meter saja untuk sampai di Kali Besar. Sesampainya disana, kamu akan dimanjakan dengan bangunan cagar budaya Kota Tua.
Wajah baru Kali  Besar Kota Tua ini menambah pilihan destinasi wisata di DKI Jakarta dan dapat menjadi alternatif liburan di akhir pekan bersama keluarga maupun teman.