Starts in:
Event Info:
  • 01-01-1970
  • 01-01-1970
  • |
Buy Tickets

Details

Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Tugu merupakan peninggalan portugis yang masih tersisa di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Gereja tugu menjadi salah satu gereja yang paling tua di Jakarta sekaligus peninggalan Portugis yang masih ada. Bangunan yang didomanisasi oleh warna merah ini dibangun pada tahun 1747 dan diresmikan pada tahun 1748.

Di samping gereja terdapat pemakaman masyarakat Kampung Tugu. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan melihat bagian dalam gereja yang terisi dengan jendela-jendela besar bergaya Eropa. Sementara di bagian depan, terdapat empat pilar penyangga yang masih asli sejak bangunan ini didirikan pada tahun 1748.

Keunikan pada bangunan ini yaitu terletak pada atapnya yang berbentuk runcing. Hal ini berdasarkan letak surga yang berada di langit. Tak hanya itu, terdapat sungai Cakung yang menghadap ke gereja. Dahulu, sungai itu kerap digunakan sebagai moda transportasi orang portugis.
Pada bangunan ini juga masih terdapat sejumlah peninggalan sejarah yang masih ada dan tidak berubah hingga kini. Misalnya, mimbar hingga engsel pintu yang masih sama sejak zaman portugis. Tak hanya itu, tepat di samping gereja, kamu dapat melihat lonceng yang masih ada dari dulu. Namun, lonceng tersebut hanya replika karena lonceng yang asli disimpan di ruang samping gereja.

Alamat
Kampung Tugu, Semper Barat, Clincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta