Starts in:
Event Info:
  • 01-01-1970
  • 01-01-1970
  • Jl. Kembang VI No.4A, RT.1/RW.2, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat

  • |
Buy Tickets

Details



Halo Sobat Monmon (julukan untuk sobat wisata Jakarta Tourism)

Kali ini Monmon mau membahas salah satu wisata religi yang ada dijakarta dan wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Jakarta. Masjid Jami Al Riyadh Kwitang, ada yang tau dimana itu?

   Berlokasi di Jl. Kembang VI No.4A, RT.1/RW.2, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, mesjid ini menjadi salah satu objek wisata religi yang wajib dikunjungi. Mesjid bersejarah di DKI Jakarta ini merupakan saksi perjuangan dakwah Habib Ali Kwitang sekitar tahun 1938 di Jakarta. Beliau yang bernama asli Ali bin Abdurrahman Alhabsyi adalah salah seorang tokoh penyiar agama Islam terdepan di Jakarta pada abad 20. Beliau dilahirkan di Kwitang bertepatan pada 20 April 1869. Beliau terlahir dari pasangan Abdurrahman bin Abdullah Al- habsyi atau dikenal dengan nama "Habib Cikini" yang merupakan sahabat dan ipar dari Maestro lukis Raden Saleh  dan ibundanya bernama Hajah Salmah yaitu seorang Puteri  ulama Betawi dari Kampung Melayu, Jatinegara Jakarta Timur. Setelah menuntut ilmu di Hadralmaut, Beliau pun mulai berdakwah sampai ke negara tetangga. Sehingga tak jarang wisatawan dari negara tetangga yang datang ke Masjid Jami Al Riyadh Kwitang untuk ikut pengajian dan berziarah disana.

   Berawal hanya berupa surau dengan desain rumah panggung. Bangunan tersebut itu dinamai Al Makmur karena terinspirasi dari nama Masjid Al Makmur yang berada di Tanah Abang. Namun setelah direnovasi karena kebakaran, Masjid ini diubah namanya menjadi Khuwatul Ummah. Akhirnya, tak berselang lama Habib Ali mendapatkan perintah dari gurunya di Hadralmaut untuk mengubah nama Masjid Khuwatul Ummah diubah menjadi Masjid Al Riyadh. Al Riyadh sendiri memiliki arti Taman Surga.

   Kini Masjid Al Riyadh menjadi bangunan masjid dua lantai yang berdiri di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Masjid yang diresmikan oleh Presiden Soekarno ini memiliki bentuk arsitektur yang cukup megah. Mesjid ini dapat menampung 150-200 jemaah. Masjid Jami Al Riyadh ini sendiri memiliki keunikan yang dapat membedakan dengan masjid-masjid yang lain yaitu dalam masjid terdapat makam sang pendirinya Yaitu Habib Ali Kwitang.
 
 Sobat Monmon pasti penasaran kan mending datang aja langsung kesana, jadi tunggu apalagi ayo ajak teman dan keluarga kamu ke Masjid Jami Al Riyadh Kwitang!!!