Starts in:
Event Info:
  • 01-01-1970
  • 01-01-1970
  • |
Buy Tickets

Details


KUIL SHIVA MANDHIR

Bila kita ingin melihat seperti apa rumah ibadah Hindu India, kita bisa berkunjung ke Kuil Shiva Mandhir. Kuil ini merupakan kuil Hindu India terbesar di Jakarta yang berdiri sejak awal tahun 2000an. Umat kuil Shiva Mandhir didominasi oleh orang Jakarta keturunan India, dan banyak berasal dari kaum ekspatriat keturunan India.

Diantara beberapa kuil Hindu yang terdapat di Jakarta, Kuil Shiva Mandir memiliki bangunan paling besar dan memiliki patung patung dewa yang paling lengkap, sehingga banyak orang Hindu India berbondong bondong ke Kuil ini, terutama jika ada perayaan besar.

Arsitektur Candi Sri Siva di Pluit dibangun dengan gaya India modern. Kuil utama didedikasikan untuk Dewa Siwa Shankar. Kuil ini menampilkan patung berbagai dewa dan dewi Hindu. Sannidhi terpisah dari Dewa Kartikeya, Dewa Rama, Shridi Sai Baba, Dewi Lakshmi, Tirupai Balaji, Dewa Ganesh, Hanuman, Dewi Durga Maa, Sri Krishna, Buddha, dan Ayyappa dapat dilihat di dalam kuil.

Salah satu upacara keagamaan yang terdapat di kuil Shiva Mandhir adalah upacara “Navagram.” Navagram berarti “Sembilan Planet” (dari kata Nava/ Nawa = sembilan dan Gram = Planet), yang bertujuan untuk penyucian diri dan juga mendoakan keselarasan dan keselamatan semesta yang terdiri dari sembilan planet. Upacara  Navagram ini dipimpin oleh seorang pendeta utama yang menggunakan  elemen (air, api, tanah, udara) dalam prosesi  dan mengucapkan mantra mantra berbahasa Sansekerta, dan di sekelilingnya ada pendeta pendeta lain yang menjaga ke sembilan topeng terbuat dari alumnium sebagai simbol dari kesembilan planet.  Lalu para jemaat yang hadir ikut berdoa yang dipimpin oleh pendeta. 
 
Cara menjangkau lokasi :
Transportasi dapat ditempuh melalui,

1. Bus TransJakarta (Rp3.500,00)
Naik Bus TransJakarta dari Halte Senayan JCC Koridor 9 dengan rute Pinang Ranti - Pluit. Turun di Halte Pluit kemudian berjalan menuju lokasi (kira-kira memakan waktu 4 menit). Anda juga dapat menjangkau lokasi dengan menggunakan transportasi daring (kisaran tarif Rp13.000,00-Rp20.000,00).
Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.