Details

Wisata Ziarah ke Makam Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi (Habib Cikini)


Wisata Ziarah ke Makam Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi (Habib Cikini)
 
Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi merupakan seorang alim ulama yang melakukan syiar Islam di Batavia (kota yang kini disebut dengan Jakarta). Habib Abdurrahman memiliki nasab lengkap yakni Habib Abdurrahman bin Abdullah bin Muhammad bin Husein bin Abdurrahman bin Husein bin Abdurrahman bin Al Hadi bin Ahmad Shahib Syi'ib bin Muhammad Al Ashghar bin Alwi bin Abubakar Al Habsyi. Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi juga dikenal dengan nama Habib Cikini.
 
Habib Abdurrahman lahir dari keluarga Al Habsyi pada cabang keluarga Al Hadi bin Ahmad Shahib Syi'ib dan merupakan generasi pertama dari garis keturunan keluarganya yang dilahirkan di Nusantara. Habib Abdurrahman juga merupakan ayah dari Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi atau yang juga dikenal dengan Habib Ali Kwitang.
 
Semasa hidupnya, Habib Abdurrahman merupakan teman dekat maestro lukis Raden Saleh. Habib Abdurrahman juga menikahi Syarifah Rogayah binti Husein bin Yahya yang merupakan adik dari Raden Saleh. Namun karena tidak dikaruniai keturunan, ia kembali menikah dengan Hajah Salmah dari Jatinegara.
 
Habib Abdurrahman wafat pada tahun 1296 H/1879 M dan dimakamkan di Jalan Kramat No. 5 Cikini, Jakarta Pusat yang lokasinya tidak jauh dari pintu belakang Taman Ismail Marzuki (TIM). Makam Habib Abdurrahman juga merupakan salah satu cagar budaya di DKI Jakarta.
 
Cara Menjangkau Lokasi

Transportasi Umum

1. Bus TransJakarta (Rp3.500,00)
Naik Bus TransJakarta dari Halte Harmoni dengan Rute Harmoni – PGC Koridor 5C dan turun di Halte Kramat Sentiong NU. Dari Halte Kramat Sentiong NU kemudian berjalan menuju lokasi yang jaraknya sekitar 750 meter dan kurang lebih memakan waktu sekitar 9 menit. Selain berjalan kaki, anda juga dapat menggunakan transportasi daring menuju lokasi dengan biaya sekitar Rp13.000,00 – Rp25.000,00.



Untitled-.jpg

untitled 1.JPG
Untitled-2.JPG

 
.