Details

Makam Souw Beng Kong

Sejarah Singkat  Souw Beng Kong

Souw Beng Kong adalah Kapiten Cina Pertama yang diangkat oleh VOC Belanda dimana pada waktu itu Gubernur Belanda adalah Jenderal JP Coen. Dia dipilih oleh Jendral Belanda untuk menjaga ketertiban saat Belanda hijrah dari Banten ke Batavia pada tahun 1916. Pada saat menjadi Kapiten Souw Beng Kong membangun Kanal Molenvielt yang kini menjadi pemisah Jl. Gajahmada dan Hayam Wuruk. 

Makam Souw Beng Kong

Souw Beng Kong meninggal pada April 1644, dan dikuburkan di kompleks makam keluarga, yang terletak di kebun kelapa miliknya sendiri seluas 20.000 meter persegi. Lokasinya sekarang ada di Gg Taruna, Jl Pangeran Jayakarta sejak tahun 1945. 
 
Tahun 2008, makam tersebut berhasil dipugar oleh Yayasan Kapiten Souw Beng Kong. Lahan di sekitar makam berhasil dibebaskan, keramik lantai dan pagar juga dipasang. Selain itu, gundukan tanah juga diganti dengan yang baru. Disepanjang Jl. Pangeran Jayakarta juga dipasang tiga buah papan petunjuk jalan ke makam. 

Bagaimana untuk ke lokasi ?

Transportasi Publik,
1. Bus TransJakarta (Rp3.500,00)
Jika menggunakan Bus Transjakarta, anda bisa menuju ke pemberhentian halte Kota kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkot M15A dari stasiun Jakarta Kota menuju ke pasar Tekstil Mangga Dua dan dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 15 menit menuju lokasi.

Untitled-2.JPG