Details

Tips Cegah Virus Corona Saat Berwisata

Liburan Menyenangkan dengan Perjalanan Sehat

Liburan menjadi momentum yang dinantikan masyarakat untuk merelaksasikan kepadatan aktivitas sehari-hari. Liburan dengan melakukan traveling memang sangat menyenangkan, tetapi ada baiknya juga memperhatikan kesehatan saat perjalanan. Perjalanan traveling dengan jarak dekat maupun jauh dapat menurunkan stamina atau energi. Jadi dengan kondisi fisik yang tidak maksimal, liburan tidak akan terasa menyenangkan dan nikmat. Apalagi adanya virus Corona yang di awal tahun 2020 menjadi isu kesehatan yang sangat mengkhawatirkan. 
 
  • Tentang Virus Corona
Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia. Virus ini termasuk jenis baru dari coronavirus yang menular manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019.  Coronavirus termasuk keluarga besar dari SARS dan MERS. Virus Corona dapat menyebabkan penyakit flu biasa menjadi serius seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). 
 
Gejala Virus Corona dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, demam ≥38 derajat celcius, batuk berdahak bahkan berdarah, nyeri tenggorokan, sesak napas, dan nyeri dada. Umumnya seseorang yang terinfeksi akan memiliki gejala seperti batuk, flu, dan sesak napas. 
 
  • Upaya Preventif
Mengapa virus Corona sangat mengkhawatirkan? Sebab dapat mengakibatkan korban jiwa dengan penyebaran virus begitu cepat. Maka dari itu sangat penting melakukan usaha pencegahan guna melindungi diri sebelum terkena infeksi virus.  Usaha preventif dilakukan untuk semua usia, walaupun memiliki daya tahan tubuh yang baik. Apalagi bagi wisatawan baik nusantara maupun asing saat traveling sangat penting untuk mencegah dari penyakit. Berikut tips untuk tetap sehat saat berwisata:
 
  1. Hindari berwisata saat sedang demam dan batuk
  2. Bila mengalami gejala demam, batuk, dan sesak napas, segera cari layanan kesehatan dan sampaikan riwayat perjalanan sebelumnya kepada petugas kesehatan.
  3. Hindari kontak erak dengan orang yang sedang demam dan batuk
  4. Selalu bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun atau cairan antiseptic
  5. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut
  6. Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin dengan tisu atau lengan dalam baju - kemudian buang segera tisu tersebut
  7. Pastikan penggunaan masker menutupi area mulut dan hidung
  8. Segera buang masker wajah sekali pakai dan segera cuci tangan
  9. Bila terkena sakit, segera informasikan ke petugas penyedia transportasi dan segera cari layanan kesehatan
  10. Saat berobat, informasikan riwayat sakit kepada petugas kesehatan
  11. Konsumsi makanan yang dimasak dengan matang
  12. Jangan meludah sembarangan
  13. Hindari kontak erat dan melakukan perjalanan dengan hewan yang sedang sakit
(sumber: World Health Organization (WHO) dan Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta (@dinkesdki)))
 
Liburan yang menyenangkan karena perjalanan yang sehat. Maka dari itu menjaga kesehatan itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari agae terhindar dari berbagai penyakit. Mari kita jaga kesehatan dengan upaya preventif yang sudah tertera. 

Name
 
Name

Name

Name

Name
 
Name