Details

MRT Jakarta
Mass Rapid Transit (MRT)

 
Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta adalah proyek infrastruktur yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di ibukota. Seperti transportasi terintegrasi pada umumnya, jika Anda ingin naik MRT Anda harus memiliki kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh MRT Jakarta, kartu ini diberi nama 'Jelajah'. Ini dapat diperoleh di mesin tiket otomatis (mesin penjual tiket) atau konter tiket di semua stasiun MRT Jakarta. Untuk satu perjalanan Jelajah, seorang penumpang harus membayar Rp 15.000 (US $ 1,05). MRT akan segera mengeluarkan kartu Jelajah multi-perjalanan seharga Rp 25.000. Kartu ini dapat dikembalikan ke MRT setelah tujuh hari digunakan selama masih dalam kondisi baik.
 
MRT telah menetapkan beberapa peraturan standar tentang bagaimana berperilaku di stasiun atau di dalam kereta. MRT tidak menyediakan tempat sampah di dalam kereta, sehingga penumpang didorong untuk mengelola sampah mereka dan tidak membuang sampah sembarangan. Ketika Anda berada di dalam stasiun, Anda harus mengikuti beberapa peraturan juga, ketika menggunakan eskalator yang berdiri di sisi kiri eskalator disarankan bagi mereka yang ingin berdiri diam, karena sisi kanan eskalator tidak digunakan untuk mereka yang ingin lanjutkan berjalan.
 
Elevator hanya digunakan untuk wanita hamil, lanjut usia atau penumpang dengan anak-anak atau bagasi berat.Gerbong kereta ketiga dan keempat diprioritaskan untuk penumpang dengan disabilitas, sehingga penumpang lain disarankan untuk memilih gerbong yang sesuai.
 
Ada juga kursi prioritas untuk wanita hamil, lanjut usia atau penumpang dengan anak-anak di setiap gerbong.
 
MRT Jakarta juga telah bekerja sama dengan sejumlah bank, baik pemerintah maupun swasta. MRT menerima kartu tunai elektronik yang dikeluarkan oleh bank-bank seperti e-Money Mandiri, Brizzi dan Tapcash BRI, Flazz BCA dan Jakcard Bank DKI. Kartu JakLingko juga dapat digunakan untuk membayar perjalanan MRT
 
Waktu operasional dimulai pukul 05.30 pagi dari Stasiun Lebak Bulus, untuk keberangkatan kereta terakhir pukul 10.01 malam dari Stasiun Bundaran HI. Harga tiket mulai dari Rp3 ribu hingga Rp14 ribu tergantung jarak yang Anda pilih.
 
Berikut rincian harga dari Lebak Bulus ke Bundaran HI:
 
-Lebak Bulus-Fatmawati: Rp4 ribu
-Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp. 5 ribu
-Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp. 6 ribu
-Lebak Bulus-Blok A: Rp. 7 ribu
-Lebak Bulus-Blok M: Rp. 8 ribu
-Lebak Bulus-ASEAN: Rp. 9 ribu
-Lebak Bulus-Senayan: Rp. 10 ribu
-Lebak Bulus-Istora: Rp. 11 ribu
-Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12 ribu
-Lebak Bulus-Setiabudi: Rp. 13 ribu
-Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp. 14 ribu
-Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp. 14 ribu


Photos