Details

Asosiasi Pariwisata di Jakarta
Asosiasi Pariwisata di Jakarta

 
1.  Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA)

        Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia sebagai salah satu rantai dalam jajaran industri pariwisata sepakat untuk mempersatukan niat dan tekad dalam memajukan kepariwisataan Indonesia melalui wadah persatuan dan kesatuan yang segala sesuatunya dapat dilakukan dengan pengaturan. Untuk meningkatkan profesionalisme dan profiabilitas perusahaan, para anggota, dengan cara perwakilan dalam rangka kemitraan dengan kalangan industry dan pemerintah, mutlak menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan identifikasi masalah guna meningkatkan rasa kepuasan jasa penjualan wisata. Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Association Of The Indonesian Tous ang Travel Agencies/ASITA) didirikan di Jakarta pada 7 Januari 1971 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.
 
Alamat        : Komplek Ruko Meg Grasir Cempaka Mas Blok N-11 Jl Letjen Suprapto, Jakarta Pusat
Website      : www.asitajakarta.org


2. Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI)

           Pengembangan kawasan pariwisata merupakan bagian yang terpadu dengan rencana pengembangan daerah yang harus didasarkan kepada Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP), karena aset yang akan dimanfaatkan sangat peka terhadap kerusakan dan pencemaran lingkungan.
Pengembangan kawasan pariwisata pada umunya mencakup lahan yang cukup luas dan beragam permasalahnya. Kepemilikan lahan tidak selalu ada pada pemerintah, tetapi juga yang dikuasai oleh masyarakat setempat. Untuk pengembangan kawasan pariwisata cukup besar, karena menyangkut penyediaan prasarana dan saran, bahakan ada sementara pihak yang beranggapan bahwa penyediaan ini menjadi tanggung jawab pemerintah.
Demikian pula halnya dengan pembebasan lahan/tanah, pemerintah daerah harus selalu dilinatkan karena dalam proses dan pelaksaannya akan lebih dan cepat karena pemerintah daerah lebih mengetahui dan memahami tentangkeadaan dan permasalahn lahan tersebut jika dibandingkan dengan pemerintah pusat dan pengusaha.
 
Alamat        : Bali Nirwana Resort Wisma Bakrie 2, Lantai 29
                     Jl HR. Rasuna Said, Kavling B-2,
                     Jakarta, DKI Jakarta 12950
Email          : ida@ptbnr.com
No Telp       : 021 – 5794 2157
Website      : https://id609157-asosiasi-kawasan-pariwisata-indonesia-akpi.contact.page/


3. DPP ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia)
ASPPI mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut :
Visi :
  • Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya.
 
Misi :
  • Menjadi wadah pemersatu bagi seluruh pekerja yang bergerak dibidang Industri Pariwisata antara lain ; Biro Perjalanan Wisata, Penerbangan, Hotel, dan lain lain yang berkaitan langsung dengan industri pariwisata Indonesia.
  • Dapat menjadi pelindung, pengayom bagi semua anggotanya
  • Mampu meningkatkan profesionalisme insan pariwisata dalam melaksanakan tugas sehari—hari.
  • Mempersiapkan seluruh anggotanya untuk menyongsong era perdagangan bebas dunia atau era liberalisasi pariwisata.
 
Alamat                    : SPBU Pertaminan, Jl. Abdul Muis No.68, RT.4/RW.3, Petojo, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160
No Telp                   : 021 - 3453113
Website                  : www.asppi.or.id
Jam Operasional    : Senin – Jum’at           09.00 – 17.00
                                  Sabtu – Minggu         Tutup


4. Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia
        Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia yang disingkat dengan ICPI adalah organisasi profesi yang independen di bidang kepariwisataan yang dicetuskan pada tanggal 3 September 2010 di Yogyakarta dan tidak berafiliasi dengan organisasi masyarakat atau politik lainnya.
 
Alamat                    : Jalan Gandaria III No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
No Telp                   : 021-7234061-3
Fax                          : 021-7208621
Email                      : icpiindo@gmail.com
Website                  : www.icpi.or.id


5. DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)
        Himpunan Pramuwisata Indonesia merupakan organisasi swasta nonpolitik dan mandiri yang merupakan wadah tunggal pribadi-pribadi yang memiliki profesi sebagai pramuwisata. Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) disahkan pada 4 Oktober 1988 di Palembang (Sumatera Selatan) dalam acara Musyawarah Nasional I Pramuwisata seluruh Indonesia.
 
Alamat                    : Jl Pemuda, Ruko Grahamas Pemuda Blok C No 9, Jakarta Timur
No Telp                   : 021 47882545
Email                      : info@dpphpi.org
Website                  : www.icpi.or.id

 
6. Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia

         Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) adalah organisasi yang berorientasikan kepada pembangunan dan peningkatan kepariwisataan, dalam rangka ikut serta melaksanakan pembangunan nasional serta merupakan wadah pemersatu dalam memperjuangkan dan menciptakan iklim usaha yang menyangkut harkat dan martabat pengusaha yang bergerak dalam bidang jasa penyediaan akomodasi pariwisata/hotel dan jasa makanan dan minuman/restoran serta lembaga pendidikan pariwisata.
 
Alamat                    : Hotel Grand Sahid Jaya
                                 Shopping Arcade No. 04 – 05
                                 Jl Jend. Sudirman No. 86
                                 Jakart 10220, Indonesia
No Telp                   : +62 215714262
Fax                          : +62 215714266
Email                      : bppphri@phrionline.com
Website                  : www.phrionline.com
Jam Operasional    : Senin – Jum’at           09.00 – 17.00
                                 Sabtu – Minggu         Tutup


7. Asosiasi Perusahaan Impresariat Indonesia (ASPINDO)

        Asosiasi Perusahaan Impresariat Indonesia yang disingkat denagn ASPINDO merupakan suatu wadah organisasi profesi dari kalangan swasta yang bersifat nonpolitik dan mandiri, yang menghimpun perusahaan-perusahaan jasa impresariat Indonesia untuk melakukan kegiatan dan berusaha di bidang impresariat.
Usaha jasa impresariat merupakan kegiatan pengurusan penyelenggaraan hiburan, baik berupa mendatangkan, mengirim, maupun pengembalian artis/seniman, olahragawan Indonesia maupun asing serta menentukan tempat, waktu dan jenis hiburan kegiatan usaha impresariat meliputi bidang seni dan olahraga yang bersifat eksibisi. ASPINDO dibentuk pada 16 April 1993 dan berkedudukan di Jakarta dan didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.
 
Alamat                    : Jl Cikini Raya No 19 RT.1/RW.1, Cikini Kec. Menteng
                                 Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10320
No Telp                   : 021 3147106


8. Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia

         Objek wisata yang berupa tempat atau keadaan alam, tata hidup, seni budaya serta peninggalan sejarah bangsa, dan perwujudan ciptaan manusia yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, merupakan titik sentral dari upaya pengembangan kepariwisataan nasional. Untuk itu, perlu dikembangkan secara terencana, teraarah dan terpadu disertai upaya inovatif secara berkesinambungan atas dasar pengkajian pola dan jenis permintaan.
Atas dasar itu disadari perlu adanya suatu wadah perjuanagan kepentingan bersama dan asarana pengabdian profesi dalam usaha pengelolaan objek wisata denagn membentuk suatu perhimpunan. Denagn menyadari sepenuhnya hal-hal tersebut, denagn memohon bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, para pendiri organisasi dengan pebuh ketulusan dan keikhlasan merasa memrlukan suatu wadah kegiatan berupa perhimpunan. PUTRI didirikan pada 10 November 1977 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
 
Alamat                    : Jl Raya TMII Ceger Cipayung Jakarta Timur RW.3, Kec. Cipayung,
                                 Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13550
No Telp                   : 021 8401720

 
9. Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI)

         Pembangunan dan pengembangan pariwisata adalah tugas dari setiap komponen masyarakat madani untuk mencapai hasil dan memperoleh manfaatnya. Masyarakat Pariwisata Indonesia menempatkan diri sebagai forum, ntuk menunjang aspirasi semua pihak secara dinamis, dalam kerangka pembangunan lingkunagn yang berkelanjutan.
Peron serta masyarakat menempati posisi penting dalam pembanguna kepariwisataan nasional denagn menyumbangkan dharma baktinya dalam sector pariwisata yang sangat berharga bagi bangsa dan negara. MPI merupakan hasil reformasi di bidang pembangunan pariwisata yang diprakarsai oleh forum dialog pariwisata (FDP) dan dideklarasika pada 21 Juli 1998 dan didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamnya dan berpusat di ibukota Negara Republik Indonesia.
 
Alamat                    : Jl Jend. Sudirman Wisma Nugra Santana Lantai No 9, RT.1/RW.3
                                Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270
No Telp                   : 021 5706951


10. Himpunan Penulis Pariwisata (HPP)

          Organisasi ini didirikan pada tanggal 12 Maret 1977 dan berkantor pusat di Jakarta. Maksud dan tujuan HPP adalah untuk menghimpun para penulis pariwisata serta meningkatkan kepariwisataan Indonesia. Usaha-usahanya adalah melalui peningkatan kemampuan para penulis, komunikasi timbale balik, mengadakan ceramah, diskusi dan melakukan penulisan apresiasi, penulisan promosi, pembahasan atau analisis kepariwisataan dan dalam mass media.


11. Hotel Human Resources Managers Association (HHRMA)

       Wadah tempat berkumpulnya para manajer HRD dari hotel-hotel berbintang dan apartemen seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyatukan visi dan misi dari berbagai pemimpin Departemen HRD agar dapat saling menukar informasi tentang sumber daya manusia yang andal. Kemajuan dan perkembangan sebuah manajemen usaha sangat tergantung dari sumber daya manusia yang profesioanl dan tangguh.
 

 
 
 
 

Photos