Details

Kereta Commuter Line (KRL)
Kereta Commuter Line atau yang biasa disebut KRL, merupakan layanan kereta rel komuter yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). KRL menjadi salah satu sarana transportasi favorite, waktu tempuh yang diperlukan KRL juga jauh lebih singkat dibandingkan transportasi umum lainnya. Biaya yang diperlukan untuk menggunakan transportasi umum ini juga sangat terjangkau. KRL melayani sekitar 80 stasiun dengan total 6 stasiun transit yang akan membawa ke pusat kota termasuk Kota Tua, Sudirman, Cikini, Tanah Abang dan Pasar Senen yang dekat dengan berbagai lokasi wisata. Sangat mudah menemukan stasiun kereta api di Jakarta dengan biaya kurang lebih Rp. 5000, sangat terjangkau bukan untuk bepergian di Jakarta menggunakan KRL. 

Jenis tiket KRL yang bisa dipilih adalah:
 
1. Tiket Harian Berjamin
Tiket Harian Berjaminan atau THB adalah tiket KRL elektronik yang perlu dibeli jika akan melakukan satu kali perjalanan kereta di hari yang sama. Harga dari THB ini adalah 10.000 (harga subsidi kartu) ditambah tarif perjalanan dari rute KRL yang kamu pilih. Amannya, siapkan uang sekitar 13.000 hingga 20.000 rupiah.

2. Kartu Multi Trip
Kartu Multi Trip alias KMT adalah tiket KRL elektronik yang dapat digunakan berulang kali dengan waktu yang terbatas, selama saldo kartu masih ada. Saldo minimal dari KMT adalah Rp. 5.000. Harga awal kartu ini adalah Rp. 50.000 dengan saldo Rp. 30.000. Jika saldo habis, bisa mengisi ulang sendiri di mesin pengisian saldo KMT yang tersedia di stasiun.

3. Kartu Bank & E-Money
Para pengguna kartu bank atau e-money prabayar, bisa menggunakan kartu seperti Mandiri E-Money, Brizzi, BNI TapCash, dan BCA Flazz. Dengan menggunakan kartu bank juga akan menghindarkan antrean panjang di loket untuk antre tiket.
 
Dengan sistem e-ticketing pengguna Commuter Line dapat lebih tertib dan nyaman melakukan perjalanan. E-tiket ini dibagi menjadi dua macam yaitu Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjamin (THB). Sistem e-ticketing ini juga dapat diakses dengan memindai kode QR. Setelah perjalanan selesai, Anda bisa langsung me-refund kartu ini di loket tiket pembelian. Masa berlaku kartu ini hanya tujuh hari, jika dalam waktu ini Anda tidak menggunakan kartu ini, otomatis kartu ini akan hangus dan tidak bisa digunakan. 

Pastikan untuk mengetahui kereta apa yang akan digunakan sebelum naik.
Untuk memudahkan pengguna jasa Kereta Commuter Line, tersedia aplikasi KRL Access yang dapat mengetahui posisi kereta dan jadwal keberangkatan.

        

 
 

Photos