Details

Bus TransJakarta
TransJakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor,  juga menyediakan bus khusus wanita dengan warna seluruhnya merah muda.

Ini adalah transportasi umum termurah di Jakarta ! Untuk menggunakan transportasi ini hanya dibutuhkan Rp. 3500 untuk seluruh koridor selama tidak keluar masuk halte.
 
Cara membeli tiket :
Sistem tiket Transjakarta menggunakan kartu elektronik (e-ticketing), sebagai pengganti uang tunai. Operator koridor tidak menerbitkan kartu tersebut, melainkan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank. Bank tersebut yakni Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega MegaCash.

Transaksi tiket dengan cara Tap In di Barrier Gate saat masuk ke dalam halte.  Pelanggan juga harus melakukan Tap Out saat keluar dari halte. Saldo uang elektronik hanya akan terpotong pada saat Tap In (masuk ke halte).

Prosedur Pembelian Tiket & Top Up :
  • Kartu dapat dibeli di bank penyedia kartu prabayar dan loket pada seluruh halte Transjakarta
  • Pengisian saldo dapat dilakukan di ATM, bank-bank terkait, dan loket halte. Kartu tersebut, (kecuali untuk Bank DKI (JakCard) dan Bank Mega MegaCash), dapat juga digunakan sebagai tiket Commuter Line.
Petunjuk Penggunaan Tiket :
  • Pengguna e-ticket tidak perlu mengantri di loket halte, cukup dengan tap-in di pintu masuk halte (barrier) lalu masuk ke dalam halte
  • Apabila saldo habis, maka saat tap-in pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu dapat mengisi ulang di loket halte ataupun atm dan merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut.
  • Semua pengguna Transjakarta yang akan keluar halte melakukan tap out sebelum keluar halte tujuan akhir. Pelanggan tidak perlu tap untuk transit, tap out hanya dilakukan pada halte tujuan akhir.
Tarif TransJakarta :
  • Pkl. 05.00 – Pkl. 07.00 WIB: Rp. 2.000
  • Pkl. 07.00 – Pkl. 24.00 WIB: Rp. 3.500
  • Pkl. 24.00 – Pkl. 05.00 WIB: Rp. 3.500
Ketersediaan dan jadwal bus TransJakarta dapat dilihat pada aplikasi Trafi.

Photos