Details

Permainan Tradisional Dampu

Permainan tradisional Betawi yang satu ini merupakan kegiatan yang menyenangkan yang biasa dilakukan di kalangan anak-anak bersama teman-teman mereka di waktu senggang. Permainan ini mungkin sudah jarang terlihat dimainkan oleh anak-anak sekarang. Dampu namanya.
 
Permainan yang dimainkan anak laki-laki maupun perempuan di Betawi. Diagram dampu digambar di atas tanah dengan torehan batu runcing. Diagram dampu terdiri dari 5 block, dimana masing-masing block mengandung makna tertentu yaitu gunung, rumah, dan tangga. Dampu dibuat dengan tinggi sekitar 3 meter, dan sisi yang paling lebar sekitar 1,20 meter. Masih ingat cara mainnya?
 
Alat yang diperlukan adalah benda pipih seperti pecahan genting atau batu bata. Para pemain memulai permainan dengan berdiri di garis start menghadap garis hantam. Secara bersama mereka melemparkan batu yang dipegang dan tidak boleh melewati atau mengenai garis hantam, yang paling jauh lemparannya dari garis hantam adalah pemain yang main duluan. Ia harus berjalan engkle melewati batu yang berada digaris hantam, lalu kembali ke garis start sambil mengambil batu miliknya.
 
Yuk coba bermain!

dampu dampu