Details

Bayt Al Quran
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta tidak hanya memiliki berbagai wisata rumah adat disana juga terdapat museum yang memilik koleksi mushaf Al Quran terbesar dan terkecil se-Indonesia. Museum tersebut adalah Bayt Al-Quran yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah.

Bayt Al Quran diresmikan tanggal 20 April 1997. Ide pembangunan ini saat Presiden Soeharto ingin memajang mushaf Al Quran terbesar di Indonesia dan mushaf lainnya yang dipajang pada Festival Istiqlal tahun 1991 dan 1995. Museum ini memajang aneka mushaf dari dalam dan luar negeri, termasuk Mushaf Al Quran Wonosobo yang diyakini terbesar dan Mushaf Istanbul yang terkecil di Indonesia.

Bangunan ini berbentuk bujur sangkar dengan atap limas yang mengacu pada masjid Demak sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Bangunan ini dipercantik dengan rehal, yakni tempat meletakkan kitab suci Al-Qur'an. Bila dilihat dari atas bangunan ini menyerupai huruf "q" yang secara simbolis berarti Qur'an. Bangunan ini terdiri dari empat lantai. Lantai pertama merupakan masjid dan juga ruang tamu, toko souvenir, cafetaria serta ruang pameran yang dilengkapi sarana audio-visual. Lantai kedua berfungsi sebagai museum. Lantai ketiga merupakan ruang perpustakaan dan penelitian. Lantai ke empat merupakan ruang kelas, ruang pengajaran dan tahfizh Al-Qur'an.

Info:
  • Senin - Minggu Jam 09.00 - 16.00
  • Taman Mini Indonesia Indah
  • |

Photos