Details

"Commuter Line" Buka Perjalanan ke Ancol Sebelum Lebaran

Suasana di Stasiun Kebayoran, Jakarta Selatan, setelah direnovasi, Kamis (26/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Muhammad Nurul Fadhila, mengatakan akan membuka perjalanan menuju Ancol, Jakarta Utara. Perjalanan tersebut akan menggunakan rute Ancol-Tanjung Priok.

"Ancol mau kami buka sebelum Lebaran. Rutenya Ancol-Tanjung Priok," kata Fadhil saat ditemui di Kantor Dinas Perumahan dan Gedung DKI, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2016).

Rencananya, perjalanan tersebut akan mulai dibuka sepekan menjelang Lebaran 2016. Hal itu untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur ke Taman Impian Jaya Ancol.

"Kami usahakan seminggu sebelum Lebaran. Penumpang sedikit, orang-orang bawa rantang itu yang mau ke Ancol," kata dia.

KRL yang akan digunakan adalah KRL yang melayani rute Tanjung Priok-Jakarta Kota. Menurut Fadhil, saat ini Stasiun Ancol sudah memiliki gerbang masuk.

"Keretanya tetap (Tanjung Priok-Jakarta Kota), tapi diberhentikan di Ancol. Kalau (pengguna) banyak, ya nanti kami tambah (rangkaian KRL). Sekarang sudah ada gate lho di Ancol," tutur Fadhil.

Perjalanan KRL dengan rute Tanjung Priok-Jakarta Kota resmi dioperasikan sejak 21 Desember 2015. Mulanya, rangkaian KRL hanya berhenti di tiga stasiun, yakni Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Kampung Bandan, dan Stasiun Jakarta Kota.

Sementara Stasiun Ancol hanya dilewati dan belum bisa digunakan karena masih dalam perbaikan dan pembangunan untuk perpanjangan peron. 

Penulis          : Nursita Sari
Editor             : Egidius Patnistik

Sumber : http://megapolitan.kompas.com