Details

Tips Panduan Budaya

Tips Panduan Budaya

Indonesia dikenal sebagai Negara yang nyaman untuk bersantai. Meskipun demikian, Indonesia memiliki sejumlah kebiasaan yang layak diketahui dan dimengerti oleh para pengunjung yang datang ke Indonesia. Beberapa kebiasaan dan peraturan yang perlu diperhatikan:

  1. Walaupun terbiasa dengan budaya bersalaman, namun kaum muslimah biasanya hanya akan menganggukan kepala mereka dan tersenyum saat berkenalan/bertemu dengan kaum pria. Ajakan untuk bersalaman biasanya didahului oleh kaum perempuan. Cara bersalaman dilakukan dengan kedua tangan dan kemudian menjabatnya dengan tidak terlalu keras. Kaum pria biasanya mengulurkan kedua tangannya ke arah lawan bersalamannya kemudian setelah bersalaman, tangan kanannya akan ia letakkan ke dadanya, yang berari “saya menyambutmu dengan hati”.
  2. Dengan alasan kesopanan, dianjurkan untuk mengabari/menelepon terlebih dulu sebelum datang berkunjung ke rumah kerabat.
  3. Dianjurkan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah seseorang yang dikunjungi
  4. Minuman yang biasanya disediakan untuk tamu dianjurkan untuk diminum/diterima.
  5. Gunakan tangan kanan saat makan atau menerima dan memberikan barang kepada orang lain.
  6. Jari telunjuk kanan tidak dianjurkan untuk digunakan ketika menunjuk satu objek, melainkan jari jempol dengan posisi keempat jari terlipat lebih disarankan untuk digunakan saat menunjuk suatu objek.
  7. Lepaskan alas kaki ketika memasuki tempat ibadah seperti mesjid maupun kuil. Beberapa mesjid menyediakan kain penutup dan kerudung untuk pengunjung perempuan. Memotret biasanya diperbolehkan di tempat-tempat ibadah, dengan meminta ijin terlebih dulu.
  8. Bersulang tidak dilakukan di Indonesia. Negara yang mayoritas berpenduduk muslim ini tidak minum minuman beralkohol.

Name