Berikut beberapa informasi bermanfaat sebagai bekal Anda bepergian ke Jakarta, sehingga perjalanan Anda menjadi mudah dan nyaman

Termasuk info seputar imigrasi sampai cara menelepon ke Negara asal Anda. Silahkan Anda cermati info ini terlebih dulu sebelum mulai berkemas.

Lanjut di sini untuk mengetahui info praktis:

  • Indonesia dikenal sebagai Negara yang nyaman untuk bersantai. Meskipun demikian, Indonesia memiliki sejumlah kebiasaan yang layak diketahui dan dimengerti oleh para pengunjung yang datang ke Indonesia. Beberapa kebiasaan dan peraturan yang perlu diperhatikan:

    1. Walaupun terbiasa dengan budaya bersalaman, namun kaum muslimah biasanya hanya akan menganggukan kepala mereka dan tersenyum saat berkenalan/bertemu dengan kaum pria. Ajakan untuk bersalaman biasanya didahului oleh kaum perempuan. Cara bersalaman dilakukan dengan kedua tangan dan kemudian menjabatnya dengan tidak terlalu keras. Kaum pria biasanya mengulurkan kedua tangannya ke arah lawan bersalamannya kemudian setelah bersalaman, tangan kanannya akan ia letakkan ke dadanya, yang berari “saya menyambutmu dengan hati”.
    2. Dengan alasan kesopanan, dianjurkan untuk mengabari/menelepon terlebih dulu sebelum datang berkunjung ke rumah kerabat.
    3. Dianjurkan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah seseorang yang dikunjungi
    4. Minuman yang biasanya disediakan untuk tamu dianjurkan untuk diminum/diterima.
    5. Gunakan tangan kanan saat makan atau menerima dan memberikan barang kepada orang lain.
    6. Jari telunjuk kanan tidak dianjurkan untuk digunakan ketika menunjuk satu objek, melainkan jari jempol dengan posisi keempat jari terlipat lebih disarankan untuk digunakan saat menunjuk suatu objek.
    7. Lepaskan alas kaki ketika memasuki tempat ibadah seperti mesjid maupun kuil. Beberapa mesjid menyediakan kain penutup dan kerudung untuk pengunjung perempuan. Memotret biasanya diperbolehkan di tempat-tempat ibadah, dengan meminta ijin terlebih dulu.
    8. Bersulang tidak dilakukan di Indonesia. Negara yang mayoritas berpenduduk muslim ini tidak minum minuman beralkohol.
  • Dehidrasi dan Kulit Terbakar
    Di Indonesia sinar matahari bersinar sepanjang tahun. Kiat untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari mestilah diperhatikan. Dua masalah yang sering terjadi bagi pengunjung yang kurang mempersiapkan diri adalah dehidrasi dan kehilangan garam karena keluarnya keringat yang berlebihan.

    Nyamuk
    Udara yang lembab sepanjang tahun menyebabkan nyamuk-nyamuk selalu berada di sekitar kita. Penyakit yang sering menghinggapi kita karena nyamuk salah satunya adalah demam denggi. Untuk menghindri gigitan nyamuk atau serangga lainnya, lindungi kulit dengan membubuhkan cairan pengusir nyamuk yang mengandung DEET.

    Makanan
    Pada umumnya, kebersihan makanan di sini cukup baik. Pastikan makanan dan minuman Anda aman. Hati-hati mengkonsumsi makanan dari pedagang kaki lima. Minumlah minuman dalam botol dan minuman bersoda dari kaleng atau botol. Hindari mengonsumsi es batu. Bawa serta tablet iodine  atau alat penyaring air jika Anda tidak menemukan air dalam kemasan/botol. Jangan lupa membasuh tangan dengan air dan sabun. Untuk berjaga-jaga bawa serta obat anti diare atau antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda.

    Vaksinasi
    Poliomyelitis (childhood booster), Tetanus (childhood booster), Typhoid (food & water borne diseases), Hepatitis A (food & water borne diseases).
    Jika Anda berasal atau baru kembali dari Amerika selatan maupun Sahara Afrika, Anda wajib menunjukkan sertifikat yang menunjukkan bahwa Anda sudah divaksin penyakit kuning saat Anda memasuki Jakarta.

  • Berikut beberapa informasi penting dan bermanfaat bagi Anda yang akan berkunjung ke Jakarta, agar perjalanan Anda menjadi mudah dan menyenangkan. Info yang akan disajikan seputar imigrasi sampai nomor telepon penting. Pelajari terelbih dulu sebelum Anda mulai berkemas.

    VISA

    Semua pengunjung yang akan memasuki Indonesia wajib memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal kedatangan, dan juga mesti memiliki tiket untuk kembali ke Negara asal pengunjung.

    Visa-on-Arrival:
    Pemerintah Indonesia memberikan Visa on Arrival (VoA) kepada 63 negara yang dapat diperoleh di airport maupun di pelabuhan kota tujuan. Masa berlaku VoA adalah 30 hari dan dapat diperpanjang 30 hari berikutnya dengan mengajukan permohonan di kantor imigrasi di Indonesaia.

    Negara yang Dapat Memperoleh fasilitas VoA:
    1. Algeria, 2. Australia, 3.Argentina, 4. Austria, 5. Bahrain, 6. Belgium, 7. Brazil, 8. Bulgaria, 9. Cambodia, 10. Canada, 11. Cyprus, 12. Denmark, 13. Egypt, 14. Estonia, 15.Fiji, 16. Finland, 17.France, 18. Germany, 19.Greece 20.Hungary, 21.Iceland, 22.India, 23.Iran, 24. Ireland, 25.Italy, 26. Japan, 27.Kuwait, 28. Laos PDR, 29.Latvia, 30.Libya, 31. Lithuania, 32.Liechtenstein, 33. Luxemburg, 34. Malta, 35. Maldives, 36.Monaco, 37. Mexico, 38. New Zealand, 39. the Netherlands, 40. Norway, 41. Oman, 42. Panama, 43. The People’s Republic of China, 44.Poland, 45. Portugal, 46.Qatar, 47.Rumania, 48.Russia, 49.South Africa, 50.South Korea, 51.Switzerland, 52.Saudi Arabia, 53. South Africa, 54.Spain, 55.Suriname, 56.Sweden, 57.Slovakia, 58.Slovenia, 59.Taiwan, 60. Tunisia. 61.the United Arab Emirates, 62. the United Kingdom, 63. The United States of America.
    Entry Ports Where Visa-on-Arrival May Be Issued are:

    Bandara:

    • Soekarno-Hatta, Jakarta
    • Ngurah Rai, Bali
    • Sultan Syarif Hasim, Pekanbaru
    • Minangkabau, Padang
    • Juanda, Surabaya and
    • Sam Ratulangi, Manado

    Authorized seaports are at Batam: Sekupang, Batuampar, Nongsa, Marina, and Teluk Senimba, Bandar Bintan, Talani Lagoi, Tanjung Balai Karimun, and Bandar Sri Udana Labon in the Riau archipelago, Sri Bintan Pura in Tanjung Pinang;  Belawan port and Sibolga in North Sumatra, Yos Sudarso Tanjung Perak in Surabaya; Teluk Bayur of Padang; Tanjung Priok harbor at Jakarta; Padang Bai and Benoa ports in Bali; the port of Jayapura; Bitung; Tanjung Mas in Semarang, Central Java; Tenua and Maumere in East Nusa Tenggara, Pare-Pare and Soekarno Hatta port in South Sulawesi.

    Pelabuhan yang memiliki ijin untuk mengeluarkan VoA:
    Batam: Sekupang, Batuampar, Nongsa, Marina, and Teluk Senimba, Bandar Bintan, Talani Lagoi, Tanjung Balai Karimun, and Bandar Sri Udana Labon in the Riau archipelago, Sri Bintan Pura in Tanjung Pinang;  Belawan port and Sibolga in North Sumatra, Yos Sudarso Tanjung Perak in Surabaya; Teluk Bayur of Padang; Tanjung Priok harbor at Jakarta; Padang Bai and Benoa ports in Bali; the port of Jayapura; Bitung; Tanjung Mas in Semarang, Central Java; Tenua and Maumere in East Nusa Tenggara, Pare-Pare and Soekarno Hatta port in South Sulawesi.

    Visa Turis Gratis
    Visa turis gratis bagi pengunjung dengan masa berlaku 30 hari dapat diperpanjang hanya untuk pengunjung dari 12 negara  berikut:Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong SAR, Macao SAR, Chile, Equador, Morocco dan Peru,

    Permohonan Visa di Kedutaan Indonesia atau Konsulat
    Pengunjung dari negara lain dapat mengajukan permohonan visa di kedutaan Indonesia atau Konsulat Indonesia di negaranya masing-masing. Visa tidak dapat digantikan dengan surat lain dari imigrasi. Visa akan diurus oleh petugas pengurus Visa di tempat pemohon mengajukannya.
    Info lebih detil mengenai Kedutaan ataupun Konsulat Indonesia dapat Anda ditemukan di website Kementrian Luar Negeri di www.deplu.co.id

    Bea Cukai
    Bawaan maksimal yang boleh dibawa masuk ke Indonesia sesuai peraturan bea cukai:

    • 1 liter minuman beralkohol
    • 200 batang rokok atau 50 batang cerutu atau 100 gram tembakau
    • Minyak wangi secukupnya per orang dewasa, jika kedapatan minyak wangi Anda tumpah, petugas bea cukai tak akan mebolehkan Anda membawa botol-botol minyak wangi yang terlalu banyak.
    • Kamera, kamera video, radio jinjing, perekam kaset, keker dan alat-alat olahraga wajib dilaporkan ke petugas bea dan cukai

    Anda dilarang membawa:

    • Senjata
    • Obat-obatan narkotika
    • Barang-barang berbau pornografi
    • Tinta dan obat-obatan Cina
    • Pemancar dan Penerima elektronik dan telepon nirkabel
    • Film, rekaman video, laser disc, VCD dan DVD harus sudah melewati badan sensor.
    • Mata uang asing dan traveller’s check boleh dibawa serta. Mata uang asing yang diperbolehkan hanyalah di bawah 100 juta rupiah.

    Info lebih lanjut seputar bea cukai dan pajak di Indinesia, silahkan kunjungi www.beacukai.go.id.

  • Greetings あいさつ

    English 日本語 Bahasa Indonesia
    How do you do? お元気ですか? Apa kabar?
    Good morning おはようございます Selamat pagi
    Good afternoon こんにちは Selamat sore
    Goodbye さようなら Selamat tinggal
    Bon voyage いってらっしゃい Selamat jalan
    Fine 元気です Baik
    Welcome ようこそ Selamat datang

    Pronouns and Titles 代名詞と敬称

    English 日本語 Bahasa Indonesia
    I Saya
    You あなた Anda
    We 私たち Kita/Kami
    He/She 彼/彼女 Dia
    They 彼ら Mereka
    Mr. 〜さん(男性に対して) Bapak
    Miss 〜さん(女性に対して) Nona

    Directions 方向

    English 日本語 Bahasa Indonesia
    Go up 上がる Naik
    Go down 下がる Turun
    Turn まわす Belok
    Right Kanan
    Left Kiri
    Front Depan
    Behind Belakang
    North Utara
    South Selatan
    East Timur
    West 西 Barat
    Up 上へ Atas
    Down 下へ Bawah

    Useful Words and Expressions 役立つ単語と表現

    English 日本語 Bahasa Indonesia
    A little 少し Sedikit
    A lot たくさん Banyak
    Beach ビーチ Pantai
    Beef 牛肉 Daging sapi
    Chicken 鶏肉 Ayam
    Cold 冷たい Dingin
    Crab カニ Kepiting
    Drink 飲む Minum
    Do not have 〜はありません Tidak ada
    Eat 食べる Makan
    Excuse me すみません Maafkan saya/Permisi
    Exit 出口 Keluar
    Female 女性 Perempuan
    Fish Ikan
    Fruit 果物 Buah
    Have 持つ Ada/Punya
    Hot 熱い Panas
    I am sorry ごめんなさい Saya minta maaf
    English 日本語 Bahasa Indonesia
    Male 男性 Laki-laki
    Meat Daging
    Mutton 羊肉 Daging kambing
    No いいえ Tidak
    Please お願いします Tolong/Silakan
    Pork 豚肉 Daging babi
    Prawn エビ Udang
    Salt Garam
    Shop ショップ Kedai/Warung
    Sugar 砂糖 Gula
    Thank you ありがとう Terima kasih
    Toilet トイレ Toilet/Kamar mandi
    Trishaw 輪タク (ベチャ) Becak
    Wait 待つ Tunggu
    Want 欲しい Mau/Ingin
    Water Air
    Yes はい Ya

    Questions 質問

    English 日本語 Bahasa Indonesia
    Can you help me? 手伝ってくれますか? Bolehkah Anda menolong saya?
    How do I get there? そこへはどのように行けばよいですか? Bagaimana hendak ke sana?
    How far? (距離は)どのくらいですか? Berapa jauh?
    How long will it take? (時間は)どのくらいかかりますか? Berapa lama?
    How much (price) does it cost? おいくらですか? Berapa harganya?
    What is this/that? これ/あれは何ですか? Apa ini/itu?
    What is your name? あなたのお名前は? Siapa nama anda?
    When? いつ? Kapan?
    Where? どこ? Di mana?
    Why? なぜ? Kenapa?
  • Listrik yang digunakan 220 Volts. Perangkat elektronik seperti  alat pengering rambut, seterika dan pisau cukur bisa digunakan di Indonesia.  Untuk pengunjung dari Negara lain adapter diperlukan untuk peralatan listrik. Frekwensi  arus listrik di Indonesia adalah 50Hz. Indonesia menggunakan steker listrik  tipe F, walupun G juga masih terlihat namun tidak umum.

    Indonesia menyediakan jaringan GSM dan CDMA untuk telepon selular. Ada beberapa operator selular di sini dan jaringannya sudah dapat menjangkau pulau-pulau besar, walaupun ada juga beberapa area yang terkadang tidak mendapat sinyal. Kode area untuk Indonesia adalah +62. Kode area untuk Jakarta adalah 021