Jembatan tua di Jakarta ini sebelum bernama Jembatan Kota Intan telah berganti-ganti nama menurut zamannya. Awalnya pada tahun 1628 disebut Engelse Burg yang berarti "Jembatan Inggris". Pada tahun 1628-1629 jembatan ini rusak karena penyerangan Banten dan Mataram yang kemudian dibangun kembali oleh Belanda pada tahun 1630 dan saat itu dikenal dengan nama "Jembatan Pasar Ayam" atauHoenderpasarburg, jembatan pasar atau jembatan gantung yang juga dikenal sebagai groote boom (batang besar). Jembatan Pasar Ayam merupakan jembatan paling utara dan satu-satunya jembatan angkat. Namanya diambil dari Pasar Ayam Besar yang ada didekatnya di ujung utara Kali Besar Barat (abad ke-18). Dari jembatan terlihat kantor pabean. Jembatan ini masih ada sampai sekarang meski kayu hutannya sudah diganti dengan baja. Pada abad ke17 kapal-kapal masih dapat berlayar lebih jauh ke arah hulu Sungai Ciliwung. Maka jembatan itu kadang-kadang perlu ditarik ke atas. Akan tetapi tidak diketahui bahwa jembatan tersebut pernah mempunyai fungsi sebagai batang pajak seperti yang disebut di daerah Luar Batang.

Selanjutnya di tahun 1655 jembatan ini diperbaiki dari batu setelah jembatan yang lama yang terbuat dari kayu hancur pada waktu banjir dan diberi namaHet Middelpunt Burg atau "Jembatan Pusat". Pada April 1938, jembatan ini menjadi jembatan gantung agar dapat diangkat untuk lalu lintas perahu dan untuk mencegah terkena banjir yang sering terjadi. Bentuk dan gayanya tidak berubah hanya namanya berubah menjadi "Juliana Bernhard". Setelah Proklamasi Kemerdekaan berubah menjadi "Jembatan Kota Intan" sesuai dengan nama lokasi setempat.

Important Information

Category
Museums & Landmarks
Essentials
Area
West Jakarta
Contact
Address
Jl. Tiang Bendera, West Jakarta
Website

See Map

Related Places

  • チャンドラナヤ

    1910年~1916年および1927年~1942年に、華人知事の許金安(Khouw Kim An)によって所有されていた遺産建造物。19世紀に建造されたチャンドラナヤはガジャ·マダ通り188番に立地しています。

  • コタ駅

    別名ベオス駅と呼ばれるこの駅は、元々オランダ語でバタビア·エン·オムストレーケンという名前でした。当駅は1870年にオランダ人建築家のフランス·へイゼルズによって建設されて、1993年にはジャカルタ州より文化遺産に指定されました。

  • 45年闘争館

    ここには、インドネシア独立を宣言するようにスカルノ氏とハッタ氏を鼓舞する若者の運動をはじめて目撃した真の歴史的な価値あるものが残されています。若者が尊厳をもって独立国家に住むという、一つの目的達成に向かった彼らの強い信念と意欲を知ることができます。