Sektor pertanian Indonesia di dominasi oleh keluarga petani kecil, yang memproduksi buah dan sayuran khususnya.  Makanan utama adalah beras. Pada tahun 2003, pertanian menyumbang 15% dari produk domestik bruto dan pada tahun 2009 sedikit mengalami peningkatan menjadi 16.3%

Menurut sensus Biro Pusat Statistik Pertanian, jumlah petani telah berkurang dari 31.17 juta orang di tahun 2003 menjadi 26.13 juta  orang pada tahun 2013.  Penurunan ini disebabkan alih profesi para petani ke sektor lain seperti sektor perdagangan dan industri.

Sehingga,untuk mendukung petani lokal dengan yang cara yang sangat mudah, Kantor Pariwisata dan Budaya Jakarta akan menyelenggarakan Festival Agri dan Agro 2013 di Taman Mini Indonesia Indah mulai tanggal 29 November sampai 1 Desember 2013. Acara ini merupakan konsep orisinil yang  diperuntukan bagi sektor bisnis dan industri pertanian di Indonesia.

Festival Agri dan Agro 2013 dijadwalkan akan dihadiri oleh berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Di festival ini setiap daerah akan memperkenalkan produk komoditas khas dari daerah masing-masing. Selain itu perusahaan asing, baik yang berada di Indonesia maupun di luar Indonesia yang bergerak di  pertanian maupun  industri pertanian, diberi kesempatan untuk memperkenalkan produk komoditi mereka di festival ini.

Selain itu, di festival ini akan disediakan pertunjukan seni dan budaya tradisional, beserta berbagai jenis kuliner dari berbagai provinsi Indonesia. Pertunjukan musik dari sejumlah artis Indonesia juga  akan meyemarakkan festival ini.