Dalam tujuannya mempromosikan dan melestarikan sejarah dan budaya kerajaan,  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta akan menyelenggarakan The World Royal Heritage Festival 2013, Festival Keraton Dunia 2013 terhitung mulai dari tanggal 5 Desember -  8 Desember 2013 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Acara ini juga bertujuan untuk membangun persahabatan  berbagai kerajaan di seluruh dunia.

Rencananya, Pangeran Andrew, Duke of York juga akan datang ke Jakarta untuk menghadiri  Festival Keraton Dunia 2013 ini. Gubernur Jakarta  Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa dia telah meminta secara verbal kepada kerajaan Inggris untuk hadir di Festival Keraton Dunia 2013 ini. Selain itu Jokowi juga berencana mengundang seluruh kerajaan lainnya di seluruh dunia. “ Saya menyampaikan kepada dia (Pangeran Andrew) mengenai festival ini. Kami berencana mengundang keluarga kerajaan untuk datang ke acara Festival Keraton Dunia 2013 pada tanggal 5-8 Desember. Nanti undangan akan dibuat dengan gaya seperti zaman dahulu kala, yaitu berbentuk seperti  gulungan,” kata Jokowi pada hari Kamis yang lalu.

 

Jokowi sangat berharap keluarga kerajaan Inggris dapat berpartisipasi di festival ini. Jokowi bahkan telah meminta secara khusus untuk membawa serta pengawal khusus kerajaan Inggris.
“Mereka (Pengawal Khusus Kerajaan Inggris) rencananya akan mengirimkan wakil. Saya tidak mengetahui siapa yang akan diwakilkan, tetapi mereka akan mengirimkannya. Kami juga meminta penjaga Istana Buckingham untuk berpartisipasi di festival ini,” ujar Jokowi lagi.

Menurut Jokowi, Festival Keraton Dunia ini akan memperlihatkan kepada dunia kekayaan budaya dari berbagai kerajaan di Indonesia, sekaligus mempromosikan Jakarta kepada dunia. Kurang lebih sekitar 130 kerajaan (Keraton) di Indonesia akan berpartisipasi di festival ini.

Festival ini akan diisi dengan berbagai aktivitas dari masing-masing delegasi, seperti seminar, workshop, pameran dari koleksi antik yang sakral, festival kuliner, tari tradisional dan peragaan busana kerajaan.