Kantor dinas pariwisata dan budaya Jakarta menyelenggarakan acara bertema seni, dinamakan Festival Kampung Seni.  Sebanyak 200 peserta dari 20 komunitas akan berpartisipasi dalam acara yang akan diadakan pada 23 Nov 2013 mendatang.

Kepala Kantor dinas pariwisata dan budaya Jakarta, Arie Budhiman menerangkan bahwa festival seni ini adalah semacam karnaval yang pesertanya adalah anak-anak dan remaja. Diadakan untuk pertama kalinya, festival ini akan mengambil tema legenda kepulauan. Rute karnaval akan dimulai dari galeri nasional, melewati tugu tani sampai Taman Ismail Marzuki, cikini Jakarta Pusat. Festival ini akan berlangsung dari pukul 15.00 wib sampai dengan 17.30 wib.

Karnaval ini adalah bentuk dari Festival Kampung Seni yang mengambil tema Karnaval Seni Anak Jakarta. Arie berharap ke depannya aktivitas ini dapat diadakan setahun sekali.

Menurutnya lagi, karnaval ini lahir dari kerjasama antara Kantor dinas pariwisata dan budaya Jakarta dan Anak Akar Studio. Selain dihadiri masyarakat Jakarta, masyarakat dari Jawa barat, Jawa tengah dan Jawa timur juga akan meramaikan acara ini.

“Acara ini diharapkan akan menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak untuk mengekspresikan kemampuan kreativitasnya sekaligus merealisasikan area terbuka sebagai wadah seni dan budaya  anak-anak di Jakarta”, tambahnya lagi

Selama festival tidak akan ada penutupan jalan. Area parkir untuk kendaraan pengunjung adalah di halaman gedung sekitar dan di lokasi karnaval sendiri.

Penutupan jalan tidak kami lakukan karena pada dasarnya kami ingin mengundang semua masyarakat Jakarta untuk menghargai kreativitas dari anak-anak dan remaja ynag akan dipertunjukkan di karnaval ini,” ujanya