Musik Betawi yang dikenal dengan nama Tanjidor konon berasal dari perkebunan Belanda yang terletak di luar kota sekitar Batavia, seperti Depok, Cibinong, Bogor, Bekasi dan Tangerang, tempat dimana para budak setempat kerap memainkan untuk majikan Belandanya. Ketika perbudakan dihapuskan pada abad 19, kelompok pemusik meneruskannya dengan ngamen sebagai mata pencaharian mereka. Tradisi ngamen ini terus berlanjut sampai sekarang. Pengaruh Eropa terlihat jelas dari pemakaian alat musiknya seperti trompet, bas, klarinet, simbal dan lainnya. Saat ini Tanjidor telah melebur dengan musik asal Malay Gambang kromong, menggunakan alat music tamborin, beduk, gendang, kempul dan lainnya

Related Places

  • Kemang

    As the Kemang area near Kebayoran in South Jakarta is surrounded by homes of foreign diplomats and a highly cosmopolitan community, Kemang has become an urban hangout for the international crowd. Here you will find Fine Dining restaurants serving Italian, Thai, Turkish, American, Japanese, Indonesian cuisine in special surroundings, to popular clubs that stretch out to the outdoors, offering live music in the evening.

    At Kemang supermarkets you can find all sorts of foods and ingredients needed for any international cuisine.

  • Istora Senayan

    Istora Gelora Bung Karno (Istora Senayan), adalah stadion tertutup untuk berbagai even olahraga dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Istora yang merupakan kependekan dari Istana Olahraga, adalah salah satu bangunan di dalam lingkungan Gelanggang Olahraga Bung Karno di daerah Senayan, Jakarta.