Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) adalah sebuah area konservasi hutan bakau di pantai utara Jakarta. Pada 17 Juni 1939, tempat ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai sebuah lembaga konservasi alam di atas area seluas 15,04 hektar. Dalam perkembangannya, luas wilayah area ini meluas menjadi 1.344,62 hektar pada tahun 1960-an.

Sebagai lahan konservasi hutan bakau terakhir di Jakarta, SMMA, yang memiliki area konservasi seluas 25,02 hektar, merupakan garda pertahanan terakhir kota Jakarta dalam melawan abrasi air laut dan gelombang pasang, serta berfungsi pula sebagai paru-paru kota dan area pengalihan arus banjir.

Important Information

Kategori
Recreation
Hal penting
Area
North Jakarta
Kontak
Alamat
Jl. Muara Karang, North Jakarta
Website

See Map

Related Places

  • Taman Impian Jaya Ancol

    Taman Impian Jaya Ancol adalah taman rekreasi tematik terbesar dan terlengkap di Jakarta. Terletak di Jakarta Utara berhadapan dengan Laut Jawa, Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan resor tepi pantai yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektar. Ini adalah sebuah taman rekreasi yang menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari olahraga air dan pantai, wahana seru, kolam renang, hingga Eco-Park dan pertunjukan spertakuler bertabur bintang kaliber internasional.

  • Taman Mini Indonesia Indah

    Taman Mini Indonesia Indah is another education-cum-recreation area. Initiated by Indonesia’s former First Lady IbuTien Soeharto