Selamat datang di Jakarta.

Menyandang predikat sebagai kota termodern di kepulauan Indonesia, Jakarta juga merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia.

Sebagai Kota Pusat Pemerintahan, Jakarta juga merupakan tempat bertugasnya para Dewan Perwakilan Rakyat sekaligus sentra aktivitas Perbankan dan Keuangan, pusat Bisnis dan Perdagangan, serta menjadi kota penghubung jalur transportasi udara baik dalam rute domestik maupun mancanegara di Indonesia.
Sejak dulu, Jakarta sudah terkenal sebagai salah satu kota pusat perdagangan di kawasan Asia. Ketika didirikan pada abad ke-16, Jakarta menjadi pusat administrasi dan pemerintahan di era kolonial Hindia Belanda. Meski demikian, Jakarta tetap menjadi tempat dikumandangkannya deklarasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, setelah penindasan selama 3 abad oleh bangsa kolonial.

Kini kota Jakarta menjelma menjadi Provinsi DKI Jakarta yang terbagi atas 5 wilayah Kota administrasi dan 1 Kabupaten administratif, yaitu Kota administrasi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan, serta Kabupaten administratif Kepulauan Seribu yang terletak di sebelah utara pelabuhan Jakarta. Kota Jakarta juga dilintasi oleh 13 buah sungai, dengan Sungai Ciliwung sebagai yang terbesar.

Dengan populasi 9 juta penduduk, Jakarta terus berkembang sebagai kota yang menghubungkan sejumlah kabupaten dan kota-kota di sekitarnya, membentuk kawasan Penyangga Jakarta, yang dikenal dengan nama Jabodetabek atau kependekan dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

Kini Jakarta juga menyandang sebutan kota kosmopolitan dan multikultural, tempat bermukim serta bertemunya ratusan suku bangsa di Indonesia.

Bagi Pebisnis serta perwakilan dari Pemerintahan mancanegara, Jakarta merupakan kota tempat diadakannya berbagai pertemuan serta pameran di sejumlah Gedung Serbaguna yang ditunjang oleh fasilitas modern, layaknya hotel berbintang dengan ballroom yang luas serta layanan akomodasi berkualitas prima.

Bagi para pengunjung lainnya, Jakarta menawarkan lokasi Belanja, Hiburan, serta aktivitas rekreasi yang terbaik. Pengunjung dari berbagai pelosok Indonesia serta penjuru dunia datang berbondong-bondong ke Jakarta untuk menghadiri berbagai Konser berskala nasional dan internasional yang menampilkan para bintang kelas dunia. Jakarta juga merupakan tempat dimana Anda bisa menemukan arena Rekreasi yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, mulai dari Taman Impian Jaya Ancol yang menawarkan banyak aktivitas seru, Taman Mini Indonesia Indah yang menampilkan keragaman budaya Indonesia, serta Kebun Binatang Ragunan dengan kekayaan satwa di dalamnya. Selain itu, tersedia pula kesempatan bagi Anda untuk menikmati olahraga Golf, Diving, serta beraneka olahraga Pantai kelas dunia. Di sini Anda juga bisa menemukan banyak pilihan lokasi belanja di lebih dari seratus pusat perbelanjaan modern yang nyaman dengan pendingin ruangan, termasuk pusat grosir tekstil terbesar se-Asia Tenggara di Tanah Abang serta penjaja barang antik di sepanjang Jalan Surabaya.

Untuk para pecinta makanan, Jakarta menawarkan beraneka pilihan hidangan dari seluruh penjuru kepulauan Indonesia—mulai dari nasi goreng, sate, rendang, dan sebagainya; termasuk juga hidangan dari mancanegara—mulai dari masakan ala Cina, Korea, Jepang, Turki, Eropa; atau sekadar camilan ringan semacam hamburger dan mie. Di penghujung hari, Anda bisa menikmati kehidupan malam di sejumlah tempat nongkrong yang menarik di Jakarta.

Bagi Anda yang ingin menelusuri lika-liku sejarah, jangan sampai melewatkan Museum Nasional, Monumen Nasional, Museum Tekstil, dan kawasan Kota Tua Jakarta atau kawasan Batavia Lama yang pada abad ke-17 dulu merupakan pusat administrasi dan aktivitas bisnis Perusahaan Dagang Hindia Timur milik Belanda, VOC. Kini, mengitari sebuah ruang terbuka lebar di sana terdapat sejumlah museum, antara lain Museum Wayang dan Museum Bank Mandiri, dimana Anda bisa menyaksikan perjalanan sejarah dunia perbankan dari waktu ke waktu.

Ingin menyaksikan jejak Budaya Peranakan Cina? Jakarta memiliki kawasan pecinan di daerah Glodok dan Petak Sembilan. Di sana, Anda bisa berkunjung ke sejumlah kuil tua, cuci mata, serta berbelanja beraneka barang di toko-toko tradisional dan memuaskan selera makan di daerah Pecenongan. Selagi berada di sini, jangan lupa kunjungi gedung-gedung tua bergaya Eropa yang merupakan peninggalan era kolonial Belanda di masa lalu.

Di balik citra kota Jakarta yang modern, kebudayaan asli Jakarta yang dikenal sebagai kebudayaan Betawi, tak pernah terlupakan. Pembawaan khas warga Betawi yang terbuka, periang, serta demokratis, turut mempengaruhi pula karakter serta kehidupan sehari-hari para pendatang di ibukota. Ondel-ondel, boneka raksasa yang merupakan ikon Jakarta, juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kota ini. Kalau mau mengintip kehidupan warga Betawi dari dekat, luangkanlah waktu untuk singgah di kampung Betawi asli, Setu Babakan.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman berikut: