Tradisi Unik di Kampung Tugu Jakarta: Mandi-mandi

10 Jan 2017

Jakarta - Bukan cuma kota metropolitan, Jakarta juga punya tradisi unik yang wisatawan harus tahu. Peranakan Portugis di Jakarta punya tradisi Mandi-mandi.

Tradisi Mandi-mandi dilakukan oleh para peranakan Portugis Malaka yang datang ke Indonesia. Walaupun ritual adat Portugis, namun siapa saja boleh datang untuk menikmati dan ikut serta dalam kegiatan ini.

Makna dari ritual ini adalah menjaga silaturahmi dengan saling memaafkan. Silaturahmi dilakukan dengan unik yaitu menorehkan bedak yang sudah dicairkan ke wajah.

Setelah semua wajah tercoreng, maka hanya satu yang dilakukan dalam ritual ini. Semua orang menari.

Bukan hanya masyarakat Kampung Tugu yang datang, tapi juga ada komunitas penggiat budaya. Bahkan mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao juga hadir.

Ritual ini tidak mistis dan kuno, tapi eksentrik. Karena saat menorehkan bedak dan menari akan diiringi oleh alunan Keroncong Tugu.

Kaum perempuan Marjdike hadiri dalam ritual ini dengan menggunakan kebaya. Traveler bisa melihat bagaimana mereka menjaga tradisi ini turun temurun.

Keroncong tugu merupakan seni musik perpaduan Indonesia dan Portugis. Ini terlihat jelas pada alunan musik jenis Cavaquinao dan topi ala portugis serta baju koko yang jadi ciri khas Betawi.

Kalau acara ritual pasti tak jauh-jauh dari kuliner khas. Ini dia kuliner asli Kaum Mardjike di Kampung Tugu, Udang Pisang.

(bona/detikTravel)

Sumber : https://travel.detik.com/readfoto/