Tekad Kemenhub Terapkan Sistem Pelayaran Baru Demi Wisatawan

10 Jan 2017

Jakarta - Awal tahun ini dunia pelayaran berduka dengan musibah KM Zahro Express. Kemenhub pun berencana membuat sistem pelayaran baru yang lebih baik untuk wisatawan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meresmikan KM Express Bahari 3B di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (10/1/2017). Dalam mencanangkan sistem baru ini, Kemenhub bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Kami bertekad membuat sistem pelayaran baru. Yang pertama bekerjasama dengan DKI membentuk BLU (Badan Layanan Umum-red)," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Kemudian untuk keamanan setiap kapal yang beroperasi ke Kepulauan Seribu akan lebih diperhatikan. Pengelola kapal akan diberi pelatihan.

"Kita juga melibatkan ASDP dan Pelni membentuk benchmarking baru atas safety security sistem of service. Kami menugaskan Pelni dan ASDP untuk membina pelayaran rakyat, mereka kita ayomi. Kita juga ada subsidi berkaitan dengan kapal," jelas Budi.

Pengecekan kelayakan kapal sebelum beroperasi akan terus dilakukan. Masyarakat tentunya akan lebih tenang dan nyaman jika menaiki kapal yang layak untuk menuju berwisata.

"Klo sudah beroperasi sudah dicek. Wajib bagi KSOP dan penilik kapal mengecek terus. Melakukan persiapan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan tentang penumpang dan lain-lain," ucapnya.

(Kurnia/detikTravel)

Sumber : https://travel.detik.com/read/