Menpar: ASITA Garda Terdepan, Semua Kementerian Dukung Pariwisata

10 Jan 2017

Jakarta - Tour dan travel agent berperan besar dalam membantu wisatawan pergi liburan. Menpar Arief Yahya mengatakan mereka adalah garda terdepan pariwisata Indonesia.

"Association of The Indonesia Tours and Travel Agences (ASITA) adalah garda terdepan pariwisata Indonesia," kata Menpar Arief Yahya dalam sambutan ulang tahun ASITA di kantor Kemenpar, Senin (9/1/2017) malam.

Menurut Arief, semua kementerian lembaga atas instruksi presiden akan membantu kesuksesan target kunjungan pariwisata Indonesia. Kalau bersinergi dengan pemerintahan bersinergi maka ASITA bisa makin besar, portfolio bisnis meluas dan keahlian pun membaik.

"Presiden menyerukan 5 kali berturut-turut semua kementrian lembaga mendukung pariwisata agar target kita capai," kata dia.

Menurut Arief, Indonesia mempunyai potensi yang baik dalam hal wisatawan Nusantara. Hal ini akan berbanding terbalik dengan negara Singapura.

"Wisatawan Nusantara kita kuat. Maka dari itu kementerian lembaga harus menyumbang ke pariwisata untuk membangun infrastruktur," jelas Arief.

Selanjutnya, Menpar menjelaskan tentang pengelolaan benchmarking. Artinya pengelolaan terbaik berasal dari kementerian yang mampu mengaplikasikan hal-hal baik dari negara lain.

"Contohnya bagaimana Thailand membangun wisatanya. Seluruh kementerian bersatu padu. Korea membangun ekonomi kreatif karena semua elemen lembaganya bersinergi. Ini harus diaplikasikan di negara kita," tegas dia.

"Saya yakin bangsa ini dapat bersaing. Karena pariwisata termasuk di dalam ekonomi kreatif," imbuh Arief.

Terakhir, kalau ingin menjadi global player harus pula memakai global standard. Seperti dalam bertingkah laku harus menunjukkan kearifan lokal Indonesia.

"Siapa paling kreatif, maka mereka memenangkan persaingan," ucap dia.

Dalam acara ulang tahun ASITA ini diberikan sejumlah award bagi pelaku pariwisata di Indonesia. Berikut para pemenangnya:

Lifetime Achievement :
1. Alm SM Herlambang
2. Meity Robot
3. Bachtiar Manaba

Outstanding Contribution :
1. Herna
2. Herman Rukmanadi
3. I Gusti Agung Prana

Most Contributor Person for ASITA :
1. I Gde Ardhika

ASITA Outstanding Executive :
1. Jusuf Abdullah
2. Dewi Anggraini.

 

(Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)

Sumber : https://travel.detik.com/read/