Ini Pengalihan Arus Saat Car Free Night

28 Dec 2016

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyiapkan pengalihan arus lalu lintas saat pelaksanaan Car Free Night, pada malam pergantian tahun mendatang. Rencananya penutupan jalan akan dilakukan mulai dari Patung Kuda hingga Semanggi.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, saat pelaksanaan Car Free Night, konsepnya sama dengan Car Free Day. Sehingga tidak boleh ada kendaraan yang melintas pada jalur yang sudah ditetapkan.

"Untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung, serta menjamin kegiatan masyarakat lainnya berjalan dengan lancar akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas," kata Andri, Rabu (28/12).

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan yakni kendaraan dari arah Utara ke Selatan, titik alih arus di Harmoni. Arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Tugu Tani dan seterusnya.

Kemudian arus dari Veteran Raya yang akan mengarah Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni-Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada. Arus dari Merdeka Timur yang akan mengarah ke Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Adipura Pasar Baru-Gunung Sahari atau Veteran Raya-Harmoni-Suryo Pranoto atau ke Jalan Gajah Mada.

Selain itu, arus dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Thamrin diarahkan ke Jalan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Pasar Baru dan seterusnya. Akses-akses jalan yg menuju Jalan Sudirman-Thamrin akan diarahkan balik, baik yang dari sisi Barat ke Timur atau sebaliknya.

Sementara arus lalu lintas dari Cawang mengarah Sudirman akan dialihkan ke arah selatan Sudirman-Senopati dan seterusnya atau diluruskan ke arah Slipi. Arus dari Slipi yg akan mengarah Sudirman diluruskan ke arah Cawang-Rasuna Said dan seterusnya.

Arus dari Selatan atau Patimura Sisingamangaraja di alihkan ke barat Jalan Gatot Subroto atau ke timur arah Cawang. Apabila terjadi kepadatan di sekitar Semanggi alih arus akan dilaksanakan di Bundaran Senayan, yakni arus dari Patimura/Senopati/Sisingamangaraja dialihkan ke Jalan Asia Afrika-Pakubuwono dan seterusnya.

"Demikian juga arus lalu lintas yang dari jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus, menyesuaikan perkembangan di lapangan," ujarnya.

Andri menambahkan alih arus akan dimulai pukul 17.00 sampai dengan 02.00. Diimbau kepada masyarakat pukul 01.00 sudah meninggalkan lokasi Car Free Night. Pengendalian alih arus secara manual akan dilaksanakan oleh personel Ditlantas, Dishubtrans dan fungsi-fungsi pengemban lalu lintas lainya.

"Semua akan dikendalikan dengan fasilitas dari RTMC, dengan demikian diharapkan masyarakat mengetahui perkembangan real time situasi lalu lintas," tandasnya.

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Nani Suherni

Sumber : http://www.beritajakarta.com