Band The Chord dari Indonesia mendapatkan penghargaan pada Autistic Talent Gala Asia di Hong Kong

10 Jan 2017

Pada 26 November 2016, sebuah band beranggotakan individu dengan autisme dari Yayasan Bina Abyakta, bernama The Chord, berhasil memenangkan The Best Expression Award pada Autistic Talent Gala Asia di Hong Kong. The Chord membawakan komposisi musik orisinil karya Tito Soemarsono berjudul "Indonesian Blues". 

The Chord terdiri dari Valentin Keken Christanto (Keken) pada keyboard, Kezia Kuryakin Sibuea (Kezia) pada biola, Ramadhika Asra (Rama) pada gitar, Joshua Khendrico Khendy (Joshua) pada bass gitar, dan Owen Tjahjono Sianto (Owen) pada drum.  

Pada Juli 2016, The Chord mengirimkan video demo untuk mengikuti audisi yang dilakukan melalui youtube. Lalu pada September, The Chord terpilih di antara 105 kontestan dari seluruh dunia menjadi 1 dari 8 finalis grup yang finalnya dipentaskan di Hong Kong. Autistic Talent Gala Asia adalah ajang perhelatan musik akbar bagi individu dengan autisme untuk menunjukkan talenta dan kemampuan mereka di bidang musik. Ajang yang diselenggarakan oleh An An International Education Foundation Hong Kong mulai berdiri pada tahun 2014 dengan fokus Asia, namun tahun ini peserta dari negara-negara di luar Asia mulai tertarik dan meramaikan acara tersebut.

15 negara yang ikut serta tahun ini adalah Amerika, New Zealand, Filipina, Hong Kong, Maldives, Malaysia, Vietnam, Indonesia, India, Taiwan, Bangladesh, Singapura, Jepang, dan Cina.

3 kategori untuk grup yang dilombakan dalam ajang ini adalah, The Best Expression Award, The Best Rhythm Award, dan The Best Visual Effect.

Tahun ini merupakan kali kedua anak didik Bina Abyakta dibawah asuhan Tito Soemarsono dan tim guru memenangkan award bergengsi ini. Pada tahun 2015, salah satu band dari Bina Abyakta, bernama The Spe.ed.ster 3, juga memenangkan The Best Rhythm Award dengan membawakan lagu Lady Madonna.

Seluruh tim Yayasan Bina Abyakta dan The Chord sangat bergembira dan bersyukur menerima The Best Expression Award ini. Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa sebuah perjuangan yang dijalani dengan kegigihan, konsistensi, kesabaran, pantang menyerah, dan doa, pasti akan membuahkan hasil. The Chord telah menembus batas dan membuat impian menjadi nyata.