Museum Basoeki Abdullah

Museum inimerupakanrumahpribadiBasoeki Abdullah yang pada 25 September 2001 resmidigunakansepenuhnyamenjadi museum dandiresmikanolehMenteriKebudayaandanPariwisata, Drs. I GedeArdika

Museum Basoeki Abdullah didirikan pada 1999 oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cq. Direktorat Permuseuman. Pemakaiannya diresmikan 25 September 2001 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Basoeki Abdullah merupakan seorang pelukis ternama Indonesia yang meninggal pada 5 November 1993. Beliau berwasiat agar lukisan dan koleksi pribadinya berupa barang/benda seni (patung, wayang, topeng, dsbnya) beserta rumah kediamannya dihibahkan kepada pemerintah Republik Indonesia.

Penyerahan atau hibah ini dilakukan oleh Saraswati Kowenhouven, Cicilia Sidhawati dan Nataya Narerat sebagai ahli waris pada 2 dan 5 September 1995 kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh A. Irvan Masduki, SH (Kepala Biro Humas dan Hukum) atas nama Pemerintah Republik Indonesia.

 

Pada 1998 rumah di Jalan Keuangan Raya Nomor 19 Cilandak Barat Jakarta Selatan diserahkan kepada pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Cq. Direktorat Permuseuman. Bangunan berupa rumah dua tingkat seluas + 600 m2 dan luas tanah + 450 m2. Rumah ini kemudian direnovasi agar dapat difungsikan sebagai museum. Pada 25 September 2001 Museum Basoeki Abdullah diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Drs. I. Gede Ardika.

Location

Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan

See Map

Official Site

museumbasoekiabdullah.or.id