Lihat Cantiknya Pulau Seribu Lewat Festival Bahari Jakarta 2019

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Festival Bahari Jakarta 2019 pada 21-22 September bertepatan di Kepulauan Seribu. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan jumlah peserta sebanyak 500 peserta. Festival yang akan diselenggarakan selama dua hari ini akan diisi dengan berbagai macam acara mulai dari Kompetisi Foto Underwater, Kompetisi Foto Budaya Pesisir, Kompetisi Renang, dan Pameran Perahu Hias.
 
Kemudian ada juga Lomba Bersih Pantai, Cagar Budaya Pasar Ikan, dan Bina Cinta laut yang mengajak peserta generasi muda. Pada acara Bina Cinta Laut, para peserta akan diajak melakukan transplantasi karang dan penanaman mangrove dengan tujuan agar generasi muda mencintai dunia bahari Indonesia, meningkatkan profesi nelayan, dan sosialisasi masyarakat agar tak buang sampah sembarangan.
 
Salah satu kegiatan yang menarik adalah adanya kompetisi perahu hias. Nantinya para juri profesional akan menilai perahu yang paling kreatif dan mewah. Kegiatan ini akan dimulai pada pukul 8.30 WIB.
 
Para pemenang perahu hias juga akan diberikan hadiah menarik, akan diberikan hadiah sebesar Rp5 juta, sedangkan perahu hias yang paling ramah lingkungan akan diberikan hadiah sebesar Rp5 juta, Juara Harapan 1 akan diberikan hadiah sebesar Rp4 juta, Juara Harapan 2 akan mendapatkan Rp3,5 juta, dan Juara Harapan 3 akan diberikan hadiah sebesar Rp3 juta.
 
Dilansir dari berbagai sumber (3/9/3019) untuk lomba renang, peserta yang mengikuti kompetisi ini nantinya akan uji keahliannya berenang mulai dari bawah Jembatan Cinta di Pulau Tidung sejauh 750 meter bolak balik. Namun sebelum berenang, peserta akan berlari dari ujung Pulau Tidung.
 
Wakil Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Junaedi menyebutkan, Festival Bahari Jakarta terakhir kali diadakan pada tahun 2016 di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. “Kegiatan ini bagus untuk mengangkat kembali pariwisata di Pulau Seribu. Apalagi Pulau Seribu juga telah ditetapkan 10 Destinasi Bali Baru,” kata Junaedi.
 
Sementara itu, perwakilan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Yuni, menyebutkan spot foto menarik yang ada di Kepulauan Seribu ada banyak sekali, khususnya ada di bawah laut, sehingga wisatawan harus menyelam terlebih dahulu untuk melihatnya.
 
 
Sumber : Pingpoint.co.id


>