Rayakan HUT RI, Jakarta Gelar Festival Lampu Hingga Pentas Wayang

 
https://www.jawapos.com/jabodetabek/10/08/2019/rayakan-hut-ri-jakarta-gelar-festival-lampu-hingga-pentas-wayang/
Editor : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter : Sabik Aji Taufan
 
 
JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menggelar banyak acara untuk peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Selain mengarak mobil Kepresidenan pertama Soekarno, juga akan ada pagelaran seni lainnya.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, museum wayang serta museum seni rupa dan keramik akan mengadakan atraksi khusus untuk menyambut kemerdekaan RI. Acara akan digelar tepat pada 17 Agustus di Lapangan Romsol Wijaya Kusuma, Koramil 03/GP, Jakarta Barat.
 
“Museum Wayang menyuguhkan pagelaran wayang di ruang publik berupa wayang kulit dengan lakon Kresno Sayemboro yang dimainkan oleh dalang Ki Pandu Gandang S,” ujar Edy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/8).
 
Sedangkan untuk museum seni rupa dan keramik rencananya akan menggelar pameran unggulan dengan tema ‘Revolusi Fisik Diplomatik Estetik’. Acara ini berlangsung dari 8 – 31 Agustus 2019.
 
“Pameran juga akan diisi dengan talkshow, workshop, dan gelar kreativitas seni untuk pelajar,” tambah Edy.
 
Monumen Nasional (Monas) selaku ikon Jakarta juga tak ketinggalan memeriahkan HUT kemerdekaan RI. Di sini akan digelar Festival of Light mulai 15 – 25 Agustus 2019. Acara ini sekaligus mengulang suksesnya video maping di lokasi tersebut pada saat Asian Games 2018.
 
“Kali ini warga Jakarta akan kembali disuguhkan keindahan Monas pada saat malam hari, selain maping video Monas juga akan dipercantik dengan lampion warna-warni dan pertujukan laser di air mancur,” pungkas Edy.
 
Bergeser ke wilayah Timur Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) akan mengadakan Festival Bazar kuliner ibu-ibu PKK pada tanggal 18 Agustus 2018 bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta. Seluruh rangkaian acara ini, diharapkan bisa menjadi magnet tersendiri guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta.
 
 
 
 
>