Jakarta Museum Marathon Smart Race 2019 Siap Digelar



 
 
 
https://wartakota.tribunnews.com/2019/08/02/jakarta-museum-marathon-smart-race-2019-siap-digelar.
Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
 
 
WARTA KOTA, TAMANSARI  -------  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta siap menggelar ajang Jakarta Museum Marathon SMART Race 2019 pada tanggal 3-4 Agustus 2019 dengan tema Selfie Museum and Run Track.
 
Kegiatan ini dilakukan dalam pengembangan potensi wisata sejarah yang mengajak masyarakat untuk mengunjungi beberapa Museum yang ada di Jakarta dengan tantangan seru dan menyenangkan.
 
"Kami bersyukur acara ini mendapatkan animo yang besar dari masyarakat baik itu dari jakarta maupun daerah, padahal ini baru pertama akli digelar", kata Hari Wibowo, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta, Jumat (2/8/2019)., 
 
Kehadiran JMM Smart Race 2019 mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta selama periode pendaftaran yaitu tanggal S hingga 28 Juli 2019, yang akhirnya telah terpilih 430 peserta (215 group) dari 1.559 masyarakat yang mendaftar.
 
Peserta yang terpilih akan terbagi kedalam S kategori ya'rtu 30 peserta (15 group) kategori Jelajah Museum, 100 peserta kategon' (50 group) DUO Family, 130 peserta (65 group) kategori DUO Umum, 100 peserta (50 group) kategori DUO Komunitas dan 70 peserta (35 group) kategori DUO
 
"Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi viral, karena akan menumbuhkan destinasi di dalam destinasi wisata yang ada sambil memperkenalkan  berbagai museum yang ada di Jakarta beserta koleksinya yang unik", tambah Hari Wibowo. 
 
Peserta kategori Jelajah Museum yang terpilih, telah berhasil lulus verifikasi dengan beberapa kriteria penilaian yaitu jawaban kuis Instagram, kreatifltas kontes foto Instagram termasuk dengan caption foto. lnstagram aktif, dan engagement peserta dengan followers. Panitia telah melakukan penilaian berdasarkan kriteria tersebut kepada 611 masyarakat yang mendaftar dan telah terpilih 30 peserta kategori Jelajah.
 
Museum yang berasal darl 11 kota yaitu Bandung, Solo. Bekasi, Yogyakana, Jakarta. Denpasar, MoJokerto, Tangerang, Bogor, Banjarmasin. Balikpapan. Panitia akan memfasilltasi akomodasi dan transponasi peserta Jelajah Museum.
 
"Saya senang sekali bisa mengikuti acara ini, kebetulan saya suka sekali dengan musium, saya berharap kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan museum di masyarakat", kata Gilag, salah seorang peserta yang ikut dalam kegiatan ini. 
 
Perlombaan untuk 5 kategori JMM SMART Race 2019 akan diIaksanakan selama 2 hari yaitu hari pertama, Sabtu, 3 Agustus 2019 adalah perlombaan kategori Jelajah Museum dan hari kedua, Minggu, 4 Agustus 2019 adalah perlombaan kategori DUO untuk Family, Komunitas, Kostum Unik dan Umum. Pada setiap perlombaan para peserta akan ditantang untuk menyelesaikan misi di tiap Museum dan mempromosikan setiap Museum melaluu akun Instagram masing-masing dengan persyaratan tag dan hashtag
 
"Kita tidak ingin setengah setengah menyelenggarakan kegiatan ini, ajang ini justeru menjadi bukti keseriusan kami menyelenggarakan event ini", tambah Hari Wibowo. 
 
Sedangkan pada Minggu, 4 Agustus 2019, peserta Kategori Duo akan melakukan perlombaan secara berkelompok yaitu 2 orang/kelompok. Peserta akan mengunjungi Museum-museum yang terletak di Kawasan Kota Tua dimulai dari Museum Wayang menuju Museum Bahari, kemudian Museum Seni Rupa 8L Keramik dan berakhir di Museum Sejarah Jakarta. Akan ada penilaian khusus bagi mereka yang berhasil menyelesaikan seluruh misi, dan menjadi pemenang serta mendapatkan hadiah uang tunai senilai puluhan juta
 
Kemeriahan puncak acara JMM SMART Race ini akan terpusat di Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta pada hari Minggu 4 Agustus 2019 dengan menghadirkan panggung hiburan yang menampilkan musik dan tarian tradisional Jakarta, band dan penyanyi Dara the Virgin, serta komika terkemuka yaitu Lolox dan Jenda Munthe. Diharapkan acara JMM Smart Race 2019 ini dapat terselenggara dengan sukses dan yang terpenting adalah tujuan untuk mempromosikan wisata sejarah dapat tersampaikan sehingga dapat
 
 
 
>