Pelajar SMK Belajar Jadi Tour Guide Selama Kegiatan Kunjung Museum dan Destinasi Wisata di TMII

 
 
 
https://jakarta.tribunnews.com/2019/07/25/pelajar-smk-belajar-jaditour-guide-selama-kegiatan-kunjung-museum-dan-destinasi-wisata-di-tmii.
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Aji

 
 
TRIBUNJAKARTA.COM, TAMAN MINI - Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kasih Ananda, Jakarta Utara belajar jadi tour guide selama ikuti kegiatan wajib kunjung museum dan destinasi wisata.
 
Pemkot Jakarta Timur melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur menggelar  kegiatan wajib kunjung museum dan destinasi wisata di wilayah Jakarta Timur.
 
Dalam kegiatan ini, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur menargetkan sasaran pada pelajar dan masyarakat DKI Jakarta sebagai pesertanya.
 
Kegiatan yang melibatkan siswa SMK jurusan Pariwisata ini rupanya disambut baik dan positif oleh para pelajar. Satu diantaranya ialah pelajar dari SMK Kasih Ananda.
 
Cahaya, salah satu siswa mengatakan sangat senang ketika diajak ke kegiatan seperti ini.
 
Sebab menurutnya ia dapat mempelajari langsung tiap proses menjadi tour guide.
 
"Senang banget dong. Aku kayak gini bisa belajar bagaimana caranya dari tour guide itu. Kan selain sejarahnya kita juga harua komunikatif. Nah ini bagusnya kayak langsung praktek ke lapangan setelah mengamati para tour guide yang berpengalaman," ujarnya di TMII, Kamis (25/7/2019).
 
Tak hanya Cahaya, teman lainnya bernama Galuh dan Prisil juga mengatakan hal serupa. Mereka mengaku senang bisa belajar langsung dan mengetahui lokasi wisata yang di Jakarta.
 
"Kita kan orang Jakarta Utara, jarang ke TMII. Kalau ada kegiatan begini, nanti pas ke sini lagi bisa ajak keluarga suruh main ke sini. Kita ceritakan ada apa aja di dalam, sejarahnya seperti apa," ucap mereka bergantian.
 
Tak hanya belajar, para siswa ini juga tak lupa untuk  mengabadikan momen tiap perjalanan mereka. Dengan bermodalkan kamera handphone, para siswa terlihat kompak berfoto bahkan membuat video pendek diselingi cerita pendek tentang lokasi yang mereka datangi.
 
Diwartakan sebelumnya, sebanyak 300 peserta yang tergabung dalam komunitas, pelajar dan masyarakat ini mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
 
Ketika berada di TMII, nantinya para peserta akan mengunjungi lima lokasi yakni Taman Burung, Museum Komodo dan Taman Reptil, Anjungan DKI Jakarta, Museum Transportasi dan Museum Hakka.
 
>