Duta Seni Pelajar Nusantara 2019 Jadi Ajang Menggugah Kesenian Indonesia

 
https://www.beritasatu.com/hiburan/566732/duta-seni-pelajar-nusantara-2019-jadi-ajang-menggugah-kesenian-indonesia
Chairul Fikri / CAH
 
Jakarta, Beritasatu.com - Kesenian daerah sering sekali dikatakan sebagai kegiatan yang kurang menarik untuk pelajar. Hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi. Menyadari situasi tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelengarakan kegiatan Duta Seni Pelajar Nusantara (DSPN) 2019 di Pantai Beach City, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019).
 
Acara DSPN sendiri pertama kali diselenggarakan di Bali pada tahun 2000. Kegiatan ini merupakan kesepakatan antara provinsi Jawa-Bali dalam menjaga kesenian tradisi di kalangan remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan pelajar-pelajar tingkat SMA dan sederajat dari setiap provinsi yang memiliki bakat tertentu dalam bidang seni, khusunya seni tradisional Indonesia.
 
Melalui acara ini, diharapkan setiap pelajar yang hadir dapat menjadi duta-duta seni pelajar yang dapat terus menjaga seni asli Indonesia guna memperkuat identitas bangsa Indonesia dan ini menjadi wujud generasi yang cinta tanah air dan bangsa.
 
"Kami berharap melalui kegiatan ini para pelajar yang merupakan ujung tombak bangsa ikut menjaga, melestarikan dan mencintai seni tradisi yang ada di provinsi masing-masing agar seni ini terus diminati kalangan remaja. Kegiatan ini bertujuan menjaga harmoninasi dan kolaborasi antar pelajar dan antar provinsi dalam kerjasama budaya, dan diharapkan juga dari kegiatan ini ditemukan bakat-bakat dan talenta terbaik, yang nantinya akan membawa nama baik daerah dan Indonesia dalam event kesenian dunia," ungkap Eddy Junaedi selaku Kepala Disparbud DKI Jakarta dalam sambutannya di acara Pembukaan kegiatan Duta Seni Pelajar Nusantara 2019 yang diselenggarakan di Pantai Beach City, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/7/2019).
 
Ditambahkan Eddy, selain akan menggelar kegiatan ini para pelajar yang hadir dari enam provinsi yang ada di Jawa - Bali juga akan berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di Jakarta seperti Monumen Nasional dan Tugu Proklamasi, serta mencoba moda transportasi baru MRT dan tentunya masing-masing provinsi akan menampilkan keterampilannya.
 
"Ini sebagai upaya kami untuk memperkenalkan kesenian dan budaya kita. Kegiatan ini juga akan kami manfaatkan untuk media perkenalan tempat-tempat bersejarah bangsa ini yang ada di Jakarta seperti Monas dan Tugu Proklamasi. Kami juga berharap ajang ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menjalin silaturahmi dengan pelajar lainnya melalui sarana berkesenian," tandasnya.
 
Kegiatan Duta Seni Pelajar Nusantara (DSPN) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta pada 25-28 Juli 2019 dihadiri oleh para pelajar dari enam provinsi yakni, Lampung, DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten.
>