Wisatawan di DKI Jakarta Diprediksi Bertambah Libur Lebaran





 
https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/psrrne320/wisatawan-di-dki-jakarta-diprediksi-bertambah-libur-lebaran
Rep: Haura Hafizhah
Red: Nashih Nashrullah


 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Jumlah pengunjung tempat-tempat wisata di DKI Jakarta diperkirakan akan terus bertambah hingga 10 juni 2019. 
 
"Ya tahun ini pengunjung wisata naik dari tahun lalu. Hari kedua libur Lebaran kemarin (6/6) pengunjung destinasi wisata di Jakarta tercatat sebanyak 318.070 pengunjung," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, Edy Junaedi, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (8/6).
 
Edy menambahkan dari 2018 sampai tahun ini destinasi wisata yang paling diminati pengunjung adalah wisata Taman Impian Jaya Ancol. Tahun ini, Taman Impian Jaya Ancol menempati posisi teratas sebagai destinasi paling ramai dikunjungi dengan jumlah wisatawan mencapai 93.545 pengunjung.
 
"Ya dari tahun lalu memang Taman Impian Jaya Ancol paling nomor satu diminati pengunjung. Ragunan dan Planetarium juga masih diminati pengunjung. Cuma sampai hari ini belum menerima datanya," ucapnya.   
 
Dia mengatakan, setiap wisata memiliki beberapa atraksi, seperti, hiburan dengan adanya panggung, seni budaya, dan pameran. "Ya kalau di museum kan ada pameran. Hari ini Museum Sejarah Jakarta buka hingga pukul 17.00 WIB," ucapnya.
 
Untuk mengantisipasi padatnya pengunjung. Menurut Edy, pihak pengelola wisata harus menambahkan petugas untuk mengatur keamanan dan keteraturan. Sehingga antrean pengunjung bisa diatasi dengan sesuai peraturan yang berlaku dan teratur.
 
"Ya dijaga fasilitasnya. Tahun lalu tidak ada fasilitas yang rusak atau diperbaiki. Tempat wisata kami sudah bagus," ujarnya.
 
Berdasarkan data yang dihimpun Disparbud DKI pada (6/6), kawasan Monumen Nasional (Monas) dipadati 90.174 pengunjung sedangkan pengunjung yang masuk ke tugu Monas ada 13.849 pengunjung. Namun, untuk kawasan Kota Tua ada 65.868 pengunjung. 
 
Sementara itu, untuk wisata ke Taman Mini Indonesia Indah ada 26.893 pengunjung dan wisata ke Kepulauan Seribu ada 10.151 pengunjung.