Ragam Destinasi Wisata Kepulauan Seribu yang Menarik Dinikmati saat Libur Lebaran





https://news.okezone.com/read/2019/05/31/338/2062552/ragam-destinasi-wisata-kepulauan-seribu-yang-menarik-dinikmati-saat-libur-lebaran?page=2
Fakhrizal Fakhri , Jurnalis
 
 
JAKARTA - Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu destinasi bagi warga di Jakarta menghabiskan liburan, tak terkecuali saat libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Banyak objek dan spot menarik bisa dinikmati di kabupatan administrasi di DKI Jakarta itu. Dari wisata bahari sampai sejarah.
 
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan 50.000 wisatawan berkunjung ke sana pada libur Lebaran 2019. Untuk mewujudkan target itu, fasilitas pendukung pun dibenahi agar pelayanannya maksimal.
 
Menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Kepulauan Seribu, Cucu Kurnia, salah satu yang jadi sasaran perbaikan adalah layanan penyeberangan dari daratan Jakarta Utara ke Kepulauan Seribu.
 
Kebakaran puluhan kapal di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, pada Februari lalu dijadikan pelajaran untuk meningkatkan keselamatan penyeberangan. Muara Baru salah satu dermaga menuju pulau-pulau di Kepulauan Seribu.
 
“Transportasi makin tertib sekarang. Jadi, semua concern tentang safety itu sendiri, mulai dari pemilik kapalnya, penyelenggara pelabuhannya,” ujar Cucu kepada Okezone, Rabu 29 Mei 2019.
 
“Kaidah-kaidah safety merupakan yang utama kalau sekarang di musim-musim ramai wisatawan.”
 
Selain destinasi bahari, ada beberapa taman baru di sejumlah pulau yang sudah dibangun diharapkan bisa menarik banyak kunjungan ke Kepulauan Seribu pada Idul Fitri nanti yang puncak liburannya diperkirakan pada hari kedua.
 
“Kalau yang lain, kan, memang yang menarik utamanya kalau di sana wisata bahari ya,” kata Cucu.
 
Destinasi yang bisa dikunjungi di Kepulauan Seribu yakni Pulau Ayer dan Pulau Bidadari yang memiliki cottage apung, Pulau Kelor yang memiliki Benteng Martello sebagai peninggalan sejarah, Pulau Untung Jawa dengan sejumlah pantai dan taman laut, serta Pulau Pari yang memiliki pantai jernih berpasir putih yang indah.
 
Ada pula Pulau Tidung yang memiliki banyak tempat wisata dan terkenal dengan jembatan cintanya, Pulau Pramuka dengan panorama laut yang indah, Pulau Semak Daun yang eksotis, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan dengan destinasi wisata baharinya
 
Kemudian, ada Pulau Sepa yang memungkinkan wisatawan berjalan leluasa dikelilingi ikan-ikan di dasar laut tanpa memakai alat selam (marine walk), Pulau Putri yang memiliki akuarium bawah laut, Pulau Macan yang didesain khusus untuk wisatawan, dan Pulau Pelangi dengan pasir putihnya yang indah.
 
Sejumlah pulau wisata di Kepulauan Seribu menawarkan beragam fasilitas, seperti memancing, snorkeling, lapangan olahraga, restoran dengan menu utama ikan laut, hingga fasilitas untuk menggelar barbeque party.
 
Selain pulau wisata, Kepulauan Seribu memiliki pulau yang kental dengan sejarah, yakni Pulau Onrust. Pulau ini menawarkan wisata sejarah nan magis. Wisatawan diajak menapaktilasi eksistensi masa penjajahan abad ke-17 dan ke-18.
 
Untuk berwisata ke Pulau Seribu, wisatawan dapat menggunakan speedboat dan kapal feri dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara. Waktu tempuh dari dermaga ke pulau-pulau tujuan wisata tergantung pada jarak, keadaan cuaca, dan kecepatan kapal yang digunakan. Begitu pun dengan tarif angkutan tersebut.
 
Selain dari Dermaga Marina Ancol, wisatawan juga dapat menggunakan transportasi umum dari Pelabuhan Muara Baru dan Muara Angke, Jakarta Utara; serta Pelabuhan Tanjung Pasir, Tangerang. Transportasi umum yang tersedia yakni kapal feri, sewa kapal nelayan, dan kapal kayu.