Seni Budaya Betawi Meriahkan Tong Tong Fair di Belanda

 
https://detak.co/detail/berita/seni-budaya-betawi-meriahkan-tong-tong-fair-di-belanda

 
 
JAKARTA - Seni Budaya dan kuliner Betawi mendapatkan kesempatan untuk semakin dikenal dunia internasional dengan keikutsertaan dalam Tong Tong Fair 2019 di Den Haag, Belanda.
 
Rangkaian acara Tong Tong Fair 2019 berlangsung mulai 23 Mei-2 Juni 2019. Delegasi yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menampilkan Betawi Food Sampling, Music Performance Kerocong Tugu, Live Cooking Demo, Betawi Traditional Clothes Display, Batik Workshop, Jewelry Workshop, serta Spesiality Coffee.
 
Kepala Disparbud DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, TTF merupakan festival tahunan bertema Indonesia di Belanda.
 
Keikutsertaan Pemprov DKI Jakarta menjadi momen memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan serta kesenian Betawi kepada dunia internasional.
 
"Kami berharap semakin banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari Belanda yang tertarik datang ke Jakarta," ujarnya, Senin (27/5).
 
Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo menjelaskan, TTF pertama kali diadakan pada tahun 1959 sebagai ajang reuni masyarakat Belanda yang pernah tinggal di Indonesia.
 
"Banyak masyarakat Belanda yang memiliki koneksi kuat dengan Indonesia karena faktor sejarah di masa lalu," terangnya.
 
Menurutnya, selain membawa misi kebudayaan, Tong Tong Fair juga memberikan manfaat untuk para delegasi dari Jakarta. Mereka bisa membuka dan menambah network.
 
"Semoga tawaran kerja sama bisa meningkat. Tong Tong Fair ini merupakan pameran Tourism Trade Investment (TTI)," ungkapnya.
 
Sementara, Pimpinan Orkes Keroncong Tugu Cafrinho yang mengikuti TTF 2019, Guido Quiko menuturkan, kehadiran Keroncong Tugu Cafrinho dalam festival tertua di Belanda tersebut tidak terlepas dari peran Disparbud DKI Jakarta yang telah memberikan banyak dukungan mulai dari kostum hingga keperluan lain.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta yang sudah banyak membantu sehingga tahun ini Keroncong Tugu bisa pentas di Tong Tong Fair," tandasnya.