Zona Bhin Bhin, Surganya Kuliner di Gelora Bung Karno.

KOMPAS.com - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau Inasgoc membangun Zona Bhin Bhin di arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Zona Bhin Bhin berada di antara Pintu 5 dan Pintu 6 GBK, atau tepatnya di depan Asian Games Official Merchandise Super Store. Direktur Media dan Public Relation Inasgoc Danny Buldansyah menyatakan, Zona Bhin Bhin dibangun untuk kenyamanan para pengunjung GBK untuk menikmati suasana GBK sambil bersantai. Ia mengatakan, pengunjung dan penonton dilarang membawa makanan ke dalam arena GBK. Mereka bisa menikmati makanan di area Zona Bhin Bhin karena terdapat sekitar 30 tenant makanan.
 
"(Zona Bhin Bhin) ada untuk kenyamanan pengunjung. Di sana bisa makan atau duduk santai saja," kata Danny, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/7/2018).
 
Ada beberapa tenant yang sudah akrab di telinga masyarakat di antaranya Pizza Hut, KFC, Hokben, dan Sushi Tei. Harga yang dipatok setiap tenant pun masih terjangkau. Pengunjung bisa melakukan pembayaran secara tunai dan non-tunai menggunakan kartu debit atau e-money. Pantauan Kompas.com di lokasi Jumat sekitar pukul 13.00 WIB, pengunjung Zona Bhin Bhin akan langsung disambut bajaj dengan corak warna menyerupai maskot Bhin Bhin yang berada di sudut kiri. Ada pula tulisan '18th Asian Games Asian Fest' di bagian tengah Zona Bhin Bhin. Area tersebut menjadi area favorit pengunjung untuk berfoto.
 
Beberapa pengunjung bahkan rela antre untuk berfoto. Payung berwarna-warni menghiasi bagian atas Zona Bhin Bhin. Terdapat pula beberapa tempat duduk dan meja di tengah Zona Bhin Bhin untuk menyantap makanan atau sekedar bersantai.
 
Pengunjung tidak akan merasa kepanasan saat menyantap makanan karena terdapat pelindung menyerupai payung di masing-masing meja. Sayangnya, kursi yang disediakan masih terbatas. Akibatnya, beberapa pengunjung harus rela menyantap makanan sambil berdiri. Terdapat pula panggung hiburan di tengah area yang berfungsi memberikan hiburan kepada pengunjung berupa pemutaran video dan penampilan beberapa musisi dari Indonesia.
 
Danny memaparkan, para musisi tampil pada malam hari karena pengunjung biasanya membludak setelah menonton pertandingan. "Biasanya ada yang tampil di panggung hiburan itu pas malam karena pengunjung banyak datang setelah nonton pertandingan," ujar Danny. Untuk berkeliling Zona Bhin Bhin, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit.
 
 
Sumber: Penulis : Rindi Nuris Velarosdela/Editor : Robertus Belarminus/Kompas.com