• Address
    Jl. Gatot Subroto no.14
    Jakarta 12710
  • Open at
    09.00-14.30
    Senin dan hari besar tutup
  • Contact
    021-522 7946

Museum Satria Mandala

Jika anda ingin melihat koleksi persenjataan dan kapal perang milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) datanglah ke Museum Satria Mandala. Museum ini adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto.

Awalnya ini adalah rumah dari salah satu istri dari mantan Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno. Dalam museum dapat ditemukan berbagai jenis koleksi peralatan perang dari masa lampau sampai sekarang seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam ada juga helikopter dan pesawat tempur.
 
Museum ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan TNI seperti aneka senjata berat maupun ringan, berbagai atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI.Selain itu dipamerkan juga tandu yang dipergunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau bergerilya dalam keadaan sakit melawan pendudukan Belanda era 1940-an.