Jaksel akan Gelar Festival Gambang Kromong

(Foto : / Beritajakarta.com)

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Selatan akan menggelar Festival Gambang Kromong pada 12 November 2016 mendatang. Rencananya, kegiatan digelar di halaman Kelurahan Cipedak, Jagakarsa.

Kepala Sudin Parbud Jakarta Selatan, Driah Triastuti mengatakan, sebanyak 14 sanggar kesenian Gambang Kromong akan terlibat dalam festival. Yakni,Silibet, Setia Muda, Bunga Cimpedak, Setu Babakan, Ji'ih, Saung Balaga, Dendang Jakarta, Mustika Jaya, Naga Putih, Fajar Ikhyah, dan Gaya Muda.

Selain sanggar kesenian, sejumlah sekolah yang memiliki ekskul Gambang Kromong juga akan unjuk kebolehan dalam festival yang baru pertama kali digelar ini.

"Ada SMK 57, SMA 49, SMP 253, dan SMK 63, mudah-mudahan ikut semua. Satu tim minimal 10 maksimal 15 orang," kata Driah, Kamis (3/11).

Dikatakan Driah, sanggar kesenian Gambang Kromong yang terdapat di Jakarta Selatan dan sudah terdata terbilang sedikit, hanya 10 sanggar. Maka itu, festival ini digelar sebagai bentuk pelestarian dan pembinaan berkelanjutan.

Dijadwalkan, kegiatan dimulai pada pukul 08.00, masing-masing peserta akan menampilkan kebolehan mereka untuk memperebutkan Juara I sampai dengan Harapan II. Para pemenang akan mendapat uang pembinaan, beserta piagam dan piala.

Untuk Juara 1 akan mendapat uang pembinaan senilai Rp 4.000.000, Juara II Rp 3.500.000, Juara III Rp 3.000.000. Kemudian Harapan I memperoleh Rp 2.500.000, dan Harapan II Rp 2.000.000 juta.

"Setelah festival, mereka juga akan diberdayakan. Setiap kali ada event akan diikutertakan, sayang kalau sudah selesai begitu saja," tandasnya.

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Budhi Firmansyah Surapati

Sumber : http://www.beritajakarta.com

>