DKI Luncurkan e-Samsat di Hari Jadi Jakarta

(Foto : Beritajakarta.com)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meluncukran e-Samsat. Rencananya peluncuran dilakukan berbarengan dengan peringatan HUT Kota Jakarta ke-489, 22 Juni mendatang.

Wakil Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, Edi Sumantri mengatakan, ada keterlambatan dalam proses peluncuran e-Samsat ini. Karena dari pihak Dirlantas Polda Metro Jaya masih keberatan dengan proses pengesahan usai pembayaran.

Namun setelah belajar dari e-Samsat di Jawa Barat, maka telah disepakati antara Dirlantas Polda Metro Jaya dengan DPP DKI Jakarta. "Tanggal 1 Juni kemarin sudah berkunjung ke Dirlantas, dan sudah positif hasilnya. Jadi launching tanggal 22 Juni," kata Edi, saat rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota, Senin (6/6).

Setidaknya ada delapan bank yang sudah kerja sama dalam program ini, yakni Bank DKI, Bank Mandiri, BRI, BCA, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, May Bank dan Bank BTN. "Sekarang sistem ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat, meskipun belum launching," ucapnya.

Ada tiga cara yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), yakni melalui portal pajakonline.go.id, aplikasi di telepon pintar, dan langsung ke ATM. "Struk bukti bayar merupakan bukti yang disamakan dengan pengesahan STNK manual," tandasnya.

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Budhi Firmansyah Surapati

Sumber : http://www.beritajakarta.com

>