Gerhana Matahari Total Di Indonesia, Gelar Nobar Gerhana, Planetarium Jakarta Siapkan 6 Teleskop

Jakarta - Gerhana matahari total melintasi sebagian wilayah di Indonesia seperti Bangka Belitung, Palangkaraya, Ternate dan Palu pada 9 Maret 2016. Sayangnya, fenomena ini tidak bisa disaksikan oleh warga Jakarta karena hanya dilewati gerhana matahari parsial.

Namun warga Jakarta dan sekitarnya tak perlu kecewa, karena akan ada nonton bareng gerhana matahari total sekaligus gerhana matahari sebagian. Acara yang terbuka untuk umum ini digagas oleh Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

"Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam peliputan dan observasi di Planetarium dan Observatorium akan mendapatkan fasilitas gratis berupa kacamata gerhana dan bahan-bahan promosi," kata pegawai Planetarium Ronny Syamara kepada detikcom, Senin (22/2/2016). "Tapi terbatas hanya untuk 600 orang pertama."

(Baca juga: 5 Cara Seru Menikmati Gerhana Matahari Parsial) http://news.detik.com/berita/3146666/5-cara-seru-menikmati-gerhana-matahari-sebagian

Ronny mengatakan, pihaknya menyiapkan enam buah teleskop untuk melihat gerhana matahari sebagian. Warga bisa ikut mencoba mengamati detik-detik sebagian matahari tertutup oleh bulan.

Ronny mengatakan observasi sudah mulai dilakukan sejak pukul 04.30 WIB. Lalu dilanjut dengan peliputan dan observasi gerhana matahari parsial mulai pukul 06.00 WIB hingga 08.30 WIB.

Acara dilanjut nonton bersama live streaming gerhana matahari total di lobi planetarium di komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta. "Bagi yang akan melaksanakan salat gerhana bisa di musala di samping pintu masuk Planetarium," ujarnya.
(slm/okw)


Salmah Muslimah - detikNews

 

Sumber : http://news.detik.com

>