PERGELARAN NILAI TRADISI SEJARAH

Address

Museum Sejarah Jakarta

Open at

18.25 sampai 21.30 WIB

Contact

|

PERGELARAN NILAI TRADISI SEJARAH
 
Akan hadir pertunjukan kolosal tentang perjuangan Pangeran Fatahillah
 
catat tanggalnya:
Minggu, 8 September 2019
Lokasi: Museum Sejarah Jakarta
Pukul: 18.25 sampai 21.30 WIB
 
Fatahillah atau Falatehan atau Fadhlulah Khan adalah seorang panglima perang dan ulama besar dari kerajaan Samudra Pasai, adalah seorang muslim keturunan Arab yang berasal dari Gujarat.  Fatahillah pernah bermukim di Mekkah untuk memperdalam ajaran Islam pada tahun 1511.
 
Samudra Pasai adalah kerajaan yang kaya dan makmur, terutama produk rempah-rempah, hal ini diketahui oleh Portugis untuk menduduki kepulauan, terutama Samudra Pasai pada tahun 1521.
 
Fatahillah mendengar berita itu dan kembali ke nusantara. Fatahillah menuju Demak dan bertemu dengan Sultan Trenggono. Di Demak Fatahillah menikah dengan saudara perempuan Sultan, Ratu Pembayun. Fatahillah juga membantu menyiarkan Islam di tanah Jawa, Portugis berhasil mendekati kerajaan Pajajaran dan membentuk kerjasama dengan Prabu Wisesa dam memasok rempah-rempah, membangun benteng dan gudang di Sunda Kelapa. ini diketahui oleh Sultan Trenggono dan wali yang akhirnya memutuskan Fatahillah pergi dengan kekuatan penuh pasukan Demak menuju Sunda Kelapa. Fatahillah diangkat sebgai panglima perang. 
 
Fatahillah berhenti di Ceribon untuk mengumpulkan pasukan perang tambahan dari Cirebon, kemudian berhenti lagi di Kerajaan Banten. Sultan Maulana Hasanuddin mengijinkan pasukan Banten untuk membantu Fatahillah.

untuk menghindari pertempuran dengan pasukan Pajajaran, fatahillah memberi pasukan Pajajaran sebuah penyamaran, namun perang tidak terhindarkan, Fatahillah akhirnya berhasil mengalahkan pasukan Portugis yang dipimpin oleh Fransesco deSa. berhasil diambil kembali oleh pasukan Fatahillah dari tangan Portugis  pada 22 Juni 1527 dan saat itu Fatahillah mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, sebuah perjalanan perjuangan menuju "THE PERFECT VICTORY Sunda Kelapa
 
turut dimeriahkan pula dengan kehadiran: 
- BIANCA MAHESWARI FEAT ANDREA AJENG
- ELLAN PALESTINA
- GAMBANG KROMONG
- KERONCONG
- SILAT MASSAL
- GAMBUS
 
Tersedia berbagai jajanan khas Betawi
Jadi jangan sampai terlewatkan ya!