IDPFEST 2019

Address

Theater Jakarta Taman Ismail Marzuki

Open at

09.00 - 23.00 WIB

Contact

021.2305147 |



Musik Perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara menggunakan alat/ instrumen yang dipukul/ ditabuh/ digerakan/ digoyang/ dikocok/ diaduk/ dihentakan atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Instrumen perkusi dengan menggunakan tangan/ kaki atau dengan bantuan alat pemukul lainnya yang dapat menimbulkan bunyi-bunyi, ritme-ritme, alunan-alunan yang erat dengan suatu ritual budaya setempat, kaya akan nilai-nilai kehidupan di dalamnya. Alat-alat musik tabuh dipakai secara turun temurun, generasi ke generasi, sampai saat ini menjadi salah satu alat instrumen bantu pertama yang pernah diciptakan manusia. Setiap bunyi-bunyian atau nada yang dihasilkan dari alat perkusi selalu mengikuti perkembangan musik yang ada di dunia dengan keunikan masing-masing. Dalam dunia musik modern seringkali ditemukan ansambel besar dalam keseluruhan instrumen adalah instrumen perkusi. Melodi ritmis hingga harmoni, semuanya hidup dan menyatu dalam balutan pertunjukan yang luar biasa menakjubkan.

Keterbukaan informasi di era digital memunculkan generasi-generasi penerus yang lahir melalui keakraban teknologi, mereka mampu menciptakan sumber daya handal untuk memberdayakan alat-alat perkusi dari budaya yang melekat di kehidupan mereka. Kekayaan akan budaya perkusi menjadi tujuan IDPFEST meningkatkan potensi dari generasi  milenial mengedepankan ‘identitas budaya Perkusi’ sebagai ‘simbol’ pelestarian aset yang dimiliki bangsa yang besar ini. Selain itu, diperlukan dukungan dari para pelaku seni musik Drum dan Perkusi legendaris maupun pelaku industri, seniman dalam meregenerasikan nilai-nilai maupun prinsip-prinsip kehidupan melalui budaya asli Indonesia.
 
Bermusik merupakan hasil karya cipta dari adat istiadat, norma-norma sosial, dan tata krama yang identik dengan nilai- nilai yang hidup di dalam masyarakat tertentu. Melalui penguatan identitas menjadi sebuah investasi pengembangan suatu peradaban bangsa. Disinilah perlu adanya wacana, kepedulian, rencana dan tindakan nyata untuk mengapresiasi, menfasilitasi, pendataan, pendokumentasian, pengembangan dan pengenalan terkait pelaku seni, alat musik drum/ perkusi bersama para seniman/ pelaku industri drum dan perkusi, masyarakat dan tokoh masyarakat, media cetak maupun elektronik, perusahaan/ pengusaha Indonesia dan Lembaga Penyelenggara Negara beserta elemen pendukungnya.

Diawali tahun 1993, ide sebuah konsep disertai riset yang panjang tertuang dalam kegiatan tahunan IDPFEST untuk mengapresiasikan Drum dan Perkusi modern/ tradisional Indonesia guna membangun generasi penerus yang berkarakter sehat, kreatif, cerdas, semangat, solid, serta optimis dalam mengembangkan potensi daerah masing- masing.

Melalui wadah IDPFEST terdiri dari beberapa perkumpulan/ komunitas masyarkat pencinta musik, pelaku seni dan industri musik, drummer, perkusionis, musisi, budayawan, sekolah/ sanggar musik serta masyarakat luas yang peduli akan pendataan, pendokumentasian, pelestarian, pengembangan dan pengenalan Alat Musik Indonesia menjadi misi jangka pendek dan jangka panjang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
         Tempat : Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki
         Tanggal : 28 - 31 Maret 2019
         Pukul : 09.00 - 23.00 WIB
         Ditunggu iyaaa n 'FREE ENTRY'